Pabrik Pengolahan Kelapa Diprotes Warga, Diduga Cemari Lingkungan

262
Protes warga di pabrik kelapa Sejati
tobasatu.com, Asahan | Pabrik Sejati yang mengolah kelapa diprotes warga di Desa Punggulan, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Sebab. Warga yang bermukim di dekat pabrik itu menganggap pengolahan itu menimbulkan limbah di desa mereka.
Protes dilakukam, Selasa (22/10) dengan mendatangi pabrik tersebut. Dugaan pencemaran lingkungan seperti membuang limbah ke anak sungai dan dianggap telah mencemari udara.
“Akibat pembuangan limbah tersebut, kondisi tanaman kebun milik sejumlah warga seperti terong dan kangkung terancam gagal panen. Selain itu, warga¬† juga mengalami sesak nafas akibat asap yang dihasilkan oleh pabrik itu,” ungkap Sucito, didampingi warga lainnya.
Sebelumnya, warga sudah pernah mendatangi pabrik tersebut untuk menyampaikan keluhan.  Namun tidak ada tidak lanjut ataupun penjelasan dari pihak perusahaan.
Selain itu, mereka juga menuntut kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agar tidak tutup mata dan peduli terhadap masalah atau keluhan yang dihadapi oleh masyarakatnya.
Berdasarkan pantauan, sempat terjadi mediasi antara warga dengan pihak pabrik pengolahan kelapa Sejati dengan didampingi Kepala Desa Punggulan, Kapolsek Air Joman, Danramil Air Joman.
“Hasil dari mediasi tersebut, pihak perusahaan berjanji akan menyanggupi segala tuntutan yang diberikan oleh warga tersebut,” ungkap Kapolsek Air Joman, Iptu HW Siahaan.
Sementara itu, Humas Pabrik Pengolahan Kelapa Sejati, H Popo menjelaskan, dirinya secepatnya akan melakukan koordinasi dengan pimpinan terkait segala tuntutan yang diberikan oleh warga tersebut.
“Mudah-mudahan pimpinan perusahaan dapat segera merealisasikan segala tuntutan yang diberikan oleh warga agar tidak ada lagi permasalahan,” ungkapnya. (ts23)
BACA JUGA  30 Hektar Lahan Gambut di Asahan Terbakar, Sudah Berlangsung Selama 5 Hari
Loading...
loading...