Ricuh Pilkades di Sei Rampah: Kami Minta Pilkades Ini Dibatalkan! Dengarkan Suara Rakyat

974

 

tobasatu.com, Sergai | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), berujung ricuh. Pilkades diputuskan ditunda sementara dan akan dilanjutkan pada 11 Desember 2019.

 

Kericuhan terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) di Lapangan Bola Kaki Dusun VIII Desa Firdaus, Kamis (30/10/2019). Pantauan  di lokasi, masyarakat yang terlihat antusias memberikan hak suara berdesakkan masuk ke TPS sehingga berlangsung tidak sesuai peraturan dan membuat Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) menjadi kelabakan menghadapi masyarakat. Akibatnya, sebanyak 4 calon Kades keluar dari TPS.

Puluhan masyarakat Desa Firdaus mengatakan mereka menilai kondisi atau teknis ini tidak sesuai peraturan, dan meminta Pilkades dibatalkan lantaran diduga banyak kecurangan. “Kami minta Pilkades ini dibatalkan, dengarkan suara rakyat,” teriak warga.

Sementara peserta yang sudah menggunakan hak suara baru mencapai sekitar 30 persen dari jumlah daftar pemilih berkisar 8 ribuan orang.

Akhirnya pelaksanaan Pilkades Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, terpaksa ditunda untuk sementara waktu. Disebabkan terjadinya kericuhan dipertengahan jalannya sekira pukul 12.40 WIB.

Kericuhan itu diduga disebabkan minimnya pintu masuk, lapangan becek dan terlalu lama peserta antri yang ingin menggunakan hak suara di luar TPS.

 

Selanjutnya Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) dan  para 5 cakades Firdaus yaitu Saparuddin (01), Riduwan Rangkuti (02), Dedi Irwansyah (03), Zulkarnain (04) dan Eddy Con Sinulingga (05), mengadakan rapat bersama pemerintah kabupaten, yang dihadiri Wabup Sergai Darma Wijaya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Sergai H. Ikhsan, Kadispol PP Fajar Simbolon, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution dan jajaran Muspika di Kantor Sat Pol PP Sergai.

 

Salah seorang calon kepala desa (cakades) dari nomor urut 1, Saparuddin mengatakan, para calon lainnya sudah sepakat agar pemilihan ditunda sementara dan dilanjutkan pemilihan 11 Desember 2019.

BACA JUGA  P-APBD TA 2019 Serdang Bedagai Disahkan

 

Sementara hal senada dijelaskan Wabup Sergai Darma Wijaya kepada wartawan bahwa Pilkades Firdaus ditunda dan dilanjutkan pada 11 Desember 2019 mendatang. “Jadwal ini sesuai hasil kesepakatan peserta rapat dan 5 calon kades Firdaus,” jelas Wabup. (ts18)

 

Loading...
loading...