Kokedama, Seni Pot Tanaman Hias Asal Jepang Hadir di Medan

448

tobasatu.com,Medan | Kokedama, merupakan metode alternatif media tanam menggunakan bola tanah lumut. Utamanya dijadikan alternatif penghijauan pada lingkungan dengan kondisi keterbatasan lahan, umumnya pada masyarakat perkotaan.

Media tanam bernama kokedama ini awalnya polpuler di jepang, belakangan metode ini pun sudah berkembang di Indonesia. Salah satunya di Medan SUmatera Utara. Meta Lestari (38), wanita asal Medan ini mengembangkan teknik itu sejak 2018 silam dan mungkin yang pertama di Kota Medan.

Bersama dua orang rekannya, Cut Nurul dan Chandra Sembiring, Meta membuat rumah produksi bernama kokeDAMNitsgreen di Jalan Kutilang, Medan Sunggal (mokka coffee). Disebutkannya, ide merangkai bunga dengan tekhnik kokedama ini muncul lantaran tanaman hias sedang menjadi buruan, terutama untuk tambahan interior rumah.

“Belakangan ini tanaman hias kemabali diburu untuk interior rumah. Kebetulan saya dan dua orang adik memang suka dengan tanaman, tapi rasanya bosen juga kalau hanya menggunakan wadah tanam yang biasa. Dari itu kita mendapat ide untuk membuta metode kokedama ini,” kata Meta, Senin (4/11/2019).

Awalnya Meta sempat ragu, karena takut tidak bisa tumbuh dan tidak cocok dengan tanamannya. Ternyata setelah mempelajarinya lebih jauh, banyak tanaman tropis yang cocok ditanam menggunakan metode ini. “Apalagi media serabut kelapa ini tidak butuh banyak tempat dan perawatannya sangat mudah. Bahanya juga mudah didapat, dan untuk di Medan masih jarang yang mengembangkan teknik ini,” ungkap Meta.

Mengapa tidak menggunakan lumut sebagaimana metode penanaman aslinya, Meta mengatakan kalau lumut sulit dicari di Kota Medan. “Selain memang media lumut untuk di Medan ini tidak pas dengan cuaca yang panas. Kalau serabut kelapa lebih lembab, dan bahanya juga mudah didapat, dari itu lumut kita ganti dengan serabut kelapa,” kata dia.

Ia menambahkan, teknik ini memberi banyak keuntungan dan manfaat, seperti tanaman hias lebih bersih dan higienis. Perawatannya pun sangat mudah, yakni cukup disiram dan diberi pupuk sekali dalam setiap seminggu atau sebulan.

“Hampir semua tanaman bisa ditanam menggunakan media kokedama, tapi untuk indoor kebanyakan kaktus, calathea, kadaka, bromelia, sansevieria, aglaonema, monstera, dan sebagainya,” ungkapnya.

Soal harga tergantung jenis tanaman dan ukurannya. “Harga kita start dari Rp 30 ribu hingga ratusan ribu. Selain kokedama kita juga menjual berbagai jenis tanaman media pot,” ujar Meta. (ts-05)

Loading...
loading...