Siap-Siap, Publik Bakal Bisa Pantau Kinerja OPD

148
tobasatu.com, Asahan | Kinerja pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan kedepannya akan bisa dipantau oleh publik dengan menggunakan aplikasi Asahan Satu Data (ASADA).
Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar.
“Aplikasi ASADA diluncurkan bertujuan untuk mempermudah bagi siapapun yang ingin memperoleh akses data tentang kondisi daerah dan seluruh capaian kegiatan Pemerintah daerah, ” ungkapnya, belum lama ini.
Peluncuran aplikasi ini, lanjut Rahmat, sebagai bentuk komitmen Bupati Asahan dalam keterbukaan informasi kepada publik.
Rahmat mengungkapkan, pada program ASADA tersebut, siapapun akan bisa mendapatkan data apa saja di berbagai sektor pembangunan daerah.
“Disamping itu, program tersebut juga akan mengurangi beban kerja para sekretaris OPD sebagai pejabat pengelola informasi daerah. Program ini juga merupakan bagian dari efisiensi anggaran bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan data dan informasi, ” ungkapnya.
Kadis Kominfo Asahan memaparkan, bagi masyarakat yang memerlukan data, maka tidak perlu lagi ke dinas-dinas.
Rahmat menegaskan, Pemkab Asahan akan membuat sanksi terhadap para pejabat yang bersangkutan apabila membangkang/tidak mematuhinya.
“Rencananya, sebelum aplikasi ini diluncurkan, Pemkab Asahan akan terlebih dahulu membuat peraturan Bupati (Perbup) untuk mengatasi ketidakpatuhan para pejabat tersebut, ” tegasnya. (ts23)
BACA JUGA  Pemkab Sergai Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan 
Loading...
loading...