Perlunya Pemaknaan Nilai Moral dari Aksi Para Pahlawan

351

tobasatu.com, Asahan | Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Alun-Alun Kisaran, Minggu (10/11).

Bupati Asahan, H Surya Bsc dalam sambutannya menjelaskan, peringatan Hari Pahlawan ini sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia, serta mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk merebut, mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Saat ini, lanjut H Surya, kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajah.

“Awal mula peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November adalah diambil dari peristiwa perlawanan masyarakat Surabaya (yang dikenal arek-arek Suroboyo) terhadap sekutu,” sebutnya.

Bupati Asahan menjelaskan, momentum tersebut menjadikan spirit para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah.

“Maka dalam memperingati hari pahlawan ini, perlunya pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia,” paparnya.

Dirinya berharap kepada generasi muda dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti keberanian, tanggung jawab, rela berkorban, dan jiwa kepeminpinan dalan menghadapi tantangan kedepan.

Selanjutnya Bupati Asahan H. Surya, BSc membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara yang meminta kepada para anak muda membangkitkan semangat inovasi.

Pada kesempatan pelaksanaan upacara ini, Bupati Asahan menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh olahraga Kabupaten Asahan antara lain kepada Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu, SIK. MH.

Rangkaian akhir peringatan Hari Pahlawan diikuti pula oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah, MUI, IMTAG, ORMAS, OKP, ASN dan unsur TNI-POLRI melaksanakan upacara ziarah sekaligus melakukan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Jenderal Sudirman Kisaran. (ts23)

BACA JUGA  Bangunan di Lapangan Alun-Alun Kisaran Terbengkalai, Pemkab Dianggap Tak Peka dengan Aset
Loading...
loading...