Legislator di Medan Minta Aksi Bom Bunuh Diri Diusut Tuntas

303
Pengamanan di Polrestabes Medan diperketat usai ledakan bom yang diduga merupakan aksi bom bunuh diri, Rabu (13/11/2019).

tobasatu.com, Medan | Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan M Afri Rizki Lubis mengecam aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu 13 November 2019. Aparat kepolisian diminta mengusut tuntas kasus peledakan bom tersebut.

“Secara pribadi saya merasa sedih, prihatin dan berduka atas insiden tersebut,” ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan, M Afri Rizki Lubis.

Menurutnya, ada isu yang berkembang ditengah masyarakat bahwa yang pelaku hanya mengantarkan orderan ke Polrestabes. Ada juga isu yang menyebutkan pelaku hanya tunggal.

“Makanya kita minta aparat kepolisian segera menangkap dan mengadili otak pelakunya, agar isu yang berkembang tidak liar,” ungkapnya.

Politikus muda ini pun meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar menggratiskan pengobatan korban yang terkena serpihan bom. “Mari sama-sama kita menjaga lingkungan kota Medan ini agar tetap damai dan kondusif agar hal tersebut tidak kembali terjadi,” bilangnya.

Sebelumnya, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihanto mengaku, pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan dilakukan tunggal. Kasus itu masih dikembangkan oleh penyidik Polrestabes Medan dan Polda Sumut.

“Kita juga sudah memeriksa tiga orang keluarga dari pelaku bom bunuh diri bernama Rabial Muslim Nasution (24) warga Jalan Jangka, Gang Tentram No 86 B, Lingkungan III, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah,” ucapnya.

Dari penyelidikan dilakukan, pelaku datang berjalan kaki masuk ke Mapolrestabes Medan seorang diri tanpa didampingi oleh pelaku teror lainnya. “Pelaku tunggal yang nekat melakukan aksi bunuh diri di Lapangan Apel Mapolrestabes Medan,” imbuhnya.

Disinggung pengeledahan di rumah pelaku oleh petugas Polrestabes Medan, Brigjen Mardiaz mengakuinya. “Untuk saat ini, tidak ada lagi yang ingin diburu, pelaku tunggal yang melakukan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan,” paparnya.

BACA JUGA  Pasca Insiden Bom Bunuh Diri, Plt Wali Kota Kunjungi Polrestabes Medan

Karena itu, Mapolrestabes Medan juga memperketat penjagaan dari pintu masuk untuk pengunjung.

“Untuk saat ini tidak bisa bebas pengunjung, semua harus sesuai dengan prosedur. Bagi pengunjung yang ada kepentingan di Mapolrestabes Medan diperiksa, ” tambahnya. (ts-02)