Empat Ruas Jalan Provinsi di Taput Butuh Perhatian Pemerintah

363
Ilustrasi Jalan Rusak. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Empat ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, kondisinya memprihatinkan. Pemerintah diminta mengalokasikan anggaran perbaikan jalan rusak tersebut dalam APBD Sumut 2020.

Demikian disampaikan Ketua Komisi C DPRD Taput Royal Simanjuntak saat bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan anggota DPRD Sumut Dapil Tapanuli, Selasa (26/11/2019) di ruang Komisi A DPRD Sumut. Turut hadir dalam pertemuan itu Sekretaris Dinas PUPR Taput Jupati Rajagukguk.

Adapun ruas jalan provinsi yang saat ini mengalami rusak parah, diantaranya ruas Jalan Simpang Empat Hutabarat – Sipahutar Kecamatan Siborongborong yang merupakan jalur utama akses transportasi ke berbagai kecamatan di Taput serta akses ke Tapsel sepanjang 10 Km kondisinya berlubang-lubang.

Begitu juga ruas Jalan Pangaribuan – Garoga hingga batas Tobasa, kondisinya sudah sangat “kupak-kapik”, karena sejak 30 tahun lalu tidak pernah tersentuh pembangunan, sehingga status jalan sudah berubah dari jalan aspal menjadi jalan tanah.

Dari 30 Km ruas Jalan Pangaribuan – Garoga, sedikitnya 10 Km kondisinya rusak parah dan sangat sulit dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Sementara itu, Sekretaris PUPR Taput Jupati Rajagukguk mengatakan, Pemkab Taput sebenarnya sudah menyurati Pemprov Sumut untuk segera memperbaiki sejumlah ruas jalan provinsi yang sudah hancur, seperti pembangunan Jalan Simpang Sitanggor – Meat batas Tobasa, Jalan Pangaribuan-Garoga.

Begitu juga pemeliharaan jalan provinsi Aek Humbang batas Tapsel, pemeliharaan Jalan Sobirongborong-Sipahutar, Jalan Sipahutar-Aek Humbang, peningkatan Jalan Sipahutar-Janji Maria hingga batas Tobasa serta peningkatan Jalan Silangit-Simpang 3 Muara-Bakkara batas Humbahas.

“Surat Bupati Taput tersebut sudah dilayangkan ke Gubernur Edy Rahmayadi tertanggal 12 Juni 2019 perihal usulan perbaikan jalan provinsi yang mengalami kerusakan di Taput, tapi hingga kini belum ada realisasinya,” tandas Jupati Rajagukguk sembari menjelaskan, surat itu juga sudah ditembuskan ke Kementerian PUPR, Bappenas Jakarta, Menkeu, Mendagri maupun DPR RI.

BACA JUGA  Pemprov Usulkan Peningkatan Status Jalan Provinsi Menjadi Jalan Nasional

Komisi C DPRD Taput sangat berharap kepada DPRD Sumut secepatnya mengalokasikan anggaran pembangunan jalan provinsi ini di APBD Sumut 2020, untuk memudahkan akses masyarakat Taput ke daerah lain sekaligus melancarkan roda perekonomian masyarakat.

Menanggapi desakan tersebut, Rahmansyah Sibarani dan Jonius Taripar Hutabarat yang keduanya anggota dewan Dapil 9 Tapanuli menyatakan kesiapannya untuk menggolkan anggaran perbaikan jalan provinsi tersebut di APBD Sumut dan akan menjadikannya sebagai skala prioritas.

“Pengalokasian anggaran perbaikan jalan provinsi di Taput, merupakan tanggung-jawab kami. Kami akan berjuang semaksimal mungkin, agar anggaranya bisa segera dialokasikan di APBD Sumut. Ini bukan sekedar live service, tapi harus diwujud-nyatakan,” ujar Rahmansyah. (ts-02)

Loading...
loading...