Festival Danau Toba 2019, Bulang Sulappei Khas Simalungun akan Pecahkan Rekor MURI

613
Kadis Pariwisata Sumut Ria Telambanua memberikan penjelasan kepada wartawan soal Festival Dana Toba (FDT) tahun 2019, Kamis (5/12/2019).

tobasatu.com, Medan | Bulang Sulappei khas Simalungun akan tampil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam Festival Danau Toba (FDT) tahun 2019, yang akan digelar pada 9-12 Desember di Parapat, Sumatera Utara.

Bulang Sulappei merupakan penutup kepala perempuan suku Simalungun yang kerap dipakai pada pesta adat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumatera Utara Ria Telaumbanua mengatakan pemecahan rekor ini akan diikuti 1000 orang peserta.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak MURI dan mereka bersedia mencatatkannya dalam rekor,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (5/12/2019).

Ria menjelaskan, pemecahan rekor melipat dan memakai Bulang Sulappei khas Simalungun ini sengaja ditampilkan untuk melestarikan budaya. Selama ini menurutnya pemakaian bulang tersebut sudah semakin jarang sehingga dikhawatirkan membuatnya menjadi hilang.

“Selama ini Bulang Sulappei semakin jarang. Kita berharap dengan pemecahan rekor ini maka masyarakat semakin tahu soal keberadaan Bulang Sulappei,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal, pemecahan Rekor MURI melipat dan memakai Bulang Sulappei akan dilakukan pada Tanggal 9 Desember 2019 di Parapat. (ts-02)

BACA JUGA  New Normal, Pemprov Sumut Jaring Wisatawan Lokal untuk Pemulihan Wisata Danau Toba
Loading...
loading...