Indonesia vs Vietnam, Pelampiasan Dendam dan Ambisi Merebut Emas SEA Games

220

tobasatu.com, Manila | Duel pamungkas penentuan juara dicabor sepakbola SEA Games 2019, antara Timnas Indonesia U-22 dengan Timnas Vietnam U-22 bakal panas di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019).

Cabang olahraga sepak bola terakhir kali menyumbang medali emas buat kontingen Merah-Putih, tepatnya pada SEA Games 1991, di Filipina. Kini di negara yang sama, tim asuhan Indra Sjafri punya peluang untuk mengulangi sukses setelah 18 tahun berlalu.

Sudah tiga final pernah dilalui Timnas Indonesia di SEA Games, yakni pada 1997, 2011, dan 2015. Tapi semuanya gagal meraih mendali emas.

Perjalanan Timnas Indonesia U-22 ke final SEA Games 2019 bisa dibilang mulus. Dalam enam laga yang dijalani, mereka hanya kalah sekali dari Vietnam 1-2 di penyisihan Grup B (1/12/2019).

Pertemuan kedua tim ini, bagi tim asuhan Indra Sjafri bukan sekedar untuk membidik mendali emas saja, sekaligus untuk ajang balas dendam atas kekalahan di babak penyisihan grup.

“Alhamdulillah, semua pemain dari total 20 orang semua siap tempur. Tidak ada yang tidak fit. Kami sudah siap untuk pertandingan ini,” kata Indra Sjafri.

Tim lawan, Vietnam, sangat berambisi merebut medali emas SEA Games 2019. Maklum, dalam 29 edisi SEA Games yang diikuti, mereka belum pernah juara.

Bagi Vietnam, laga final melawan Timnas Indonesia U-22 menjadi pertaruhan harga diri. Tak hanya buat pemain, namun seluruh rakyat Vietnam yang akan satu suara memberikan dukungan.

Park Hang-seo mengaku laga ini spesial untuk dirinya. Pelatih asal Korea Selatan juga sadar laga melawan Timnas Indonesia U-22 tidak akan mudah. Meskibegitu, ia tetap yakin anak asuhnya akan melakukan segalanya untuk merebut emas yang sudah dinanti 60 tahun lamanya.(ts/bn)

BACA JUGA  Gerhana Bulan Total Terlama di Abad ke-21 Bakal Terjadi Sabtu Dini Hari
Loading...
loading...