Tak Perlu Tunggu Satu Tahun untuk Ganti Kelas BPJS Kesehatan

1259
BPJS Kesehatan.

tobasatu.com, Medan | Masyarakat yang ingin melakukan perubahan kelas BPJS Kesehatan tidak perlu lagi bingung. Sebagai wujud peningkatan mutu layanan serta memberikan kemudahan layanan administrasi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini, telah dikembangkan program PRAKTIS.

Perubahan Kelas Tidak Sulit atau diisingkat PRAKTIS memberikan kemudahan dalam layanan administrasi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Perorangan yang menginginkan perubahan kelas sesuai kemampuan (termasuk turun kelas) tanpa harus menunggu masa waktu satu tahun kelas perawatan yang sama.

“Peserta dapat memanfaatkan program PRAKTIS ini adalah peserta yang telah terdaftar sebelum 1 Januari 2020 dan diberlakukan untuk satu keluarga yang sudah terdaftar semua” terang Johana, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Selasa (10/12/2019).

Ketentuan yang lain, lanjutnya, adalah perubahan kelas perawatan dapat turun dua tingkat dari kelas perawatan yang lama, misalnya dari kelas 1 ke kelas 3.

Ditambahkan Johana bagi peserta yang menunggak iuran juga dapat mengikuti program PRAKTIS ini namun status kepesertaannya masih tidak aktif dan belum bisa mengakses pelayanan kesehatan sampai tunggakan iuran dibayarkan.

“Adapun kesempatan perubahan atau penurunan kelas perawatan diberikan satu kali dalam periode 9 Desember 2019 sampai 30 April 2020,” ujarnya.

Program PRAKTIS ini dapat dilakukan oleh peserta melalui Mobil Customer Service, Aplikasi Mobile JKN, Call Center 1500400 dan datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. (ts-24)

BACA JUGA  1500 Anak Panti Belum Terdaftar BPJS Kesehatan
Loading...
loading...