XL Axiata Prediksi Kenaikan 15 Persen Penggunaan Layanan Data Saat Libur Natal dan Tahun Baru

401
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai kawasan wisata Sumatera.

tobasatu.com, Medan | PT XL Axiata memprediksi kenaikan trafik sebesar 15 persen dalam penggunaan layanan data saat libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Menurut Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, peningkatan tersebut diantaranya untuk penggunaan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. 

“Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan,” tutur Desy Sari Dewi dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (11/12/2019).

Namun menurut Desy, guna menghadapi kenaikan trafik penggunaan data tersebut PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang di akhir tahun 2019 ini. 

Persiapan tersebut menurut Desy, meliputi peningkatan kapasitas hingga 2x dari hari normal, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga persiapan untuk melakukan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. 

Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

“Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari. Kami sangat serius karena selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen dimana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun lalu, trafik data di Sumatera meningkat sebesar 22% dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan,” ujar Desy.

Khusus untuk wilayah Sumatera Utara dan Aceh, peningkatan trafik akan terjadi antara lain di Kota Medan, Danau Toba, Berastagi, Belawan, Deli Serdang, Pematang Siantar, Lhokseumawe, Banda Aceh, Takengon, dan Sabang.

XL Axiata telah memperkuat jaringan di sepanjang jalan Tol Trans Sumatera, bandara, pelabuhan, tempat objek wisata lokal, dan pusat-pusat perbelanjaan yang menjadi tempat titik keramaian.

Desy menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.  

Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas pemudik, seperti antara lain bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. Selain itu juga lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal. 

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. 

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. (ts-02)

BACA JUGA  PT Protelindo dan PT Centratama Menangkan Tender Penjualan Menara XL Axiata
Loading...
loading...