Tanaman Adam Hawa untuk Pengobatan Rematik dan Batuk Darah, Ini Cara Pengolahannya

16753
Tanaman hias Adam dan Hawa

tobasatu.com | Tanaman adam hawa atau yang bernama latin Rheo spathaceae merupakan jenis tanaman hias yang mempunyai bentuk daun yang unik. Bunga ini memiliki ketahanan terhadap panas dan tempat kering sehingga mudah untuk merawatnya.

Adam Hawa atau dijuluki pula dengan nama nanas kerang. Tanaman ini memiliki daun yang tumbuh berpusar (roset) di permukaan tanah (mirip tanaman nanas, hanya saja yang ini tidak berbuah.

Bentuk dan warnanya yang indah pun menjadikan bunga ini biasanya dibudidayakan untuk diperjualbelikan sebagai bunga hias. Cara membudidayakannya juga terbilang mudah, hanya cukup menggunakan media pot seperti tumbuhan hias lainnya.

Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, ternyata bunga ini memiliki berbagai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh. Pengobatan dengan menggunakan bunga adam dan hawa sudah sejak dulu.

Diantaranya untuk menyembuhkan penyakit seperti rematik, pendarahan, bronkhitis, batuk darah, disentri, sembelit, anemia, luka-luka, dan bengkak.

Berikut cara membuat tanaman Adam Hawa menjadi ramuan herbal untuk pengobatan:
– Untuk luka luar:
Tumbuklah daun adam hawa hingga halus kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terdapat luka memar. Sifat antiinflamasi yang terdapat di dalamnya mampu mempercepat penyembuhan luka memar.
– Untuk pengobatan dalam :
Rebus daun adam hawa yang telah dibersihkan dalam air bersih. Lalu minum air hasil rebusan tadi secara rutin hingga sembuh total.(berbagai sumber)

BACA JUGA  Tiga Penyakit Ini Sembuh dengan Daun Pandan.Ini Caranya
Loading...
loading...