Biar Libur Akhir Tahun Gak Terlalu Mainstream, Coba Deh Kunjungi Desa Wisata Tani di Sergai

669

 

tobasatu.com, Sergai | Libur jelang akhir tahun makin di depan mata. Ternyata di Sergai ada tempat untuk wisata tani. Tak ada salahnya mencoba mengunjungi lokasi supaya liburan Anda tak terlalu mainstream.

 

Untuk diketahui, Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Soekirman melakukan kunjungan wisata tani ke Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan pada Sabtu-Minggu, 14-15 Desember 2019.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman turut didampingi Wakil Bupati H. Darma Wijaya, Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy, AP, MAP, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kepala Desa Melati II Supardi dan para Kepala OPD.

Dengan titik kumpul Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, rombongan bersama-sama menaiki bus menuju lokasi yang ada di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan. Setibanya di lokasi langsung disuguhi dengan pemandangan pertanian yang terhampar luas.

Bupati Soekirman beserta rombongan disambut oleh para pemilik home stay yang akan membawa pengunjung menginap di rumah mereka.
Dengan biaya yang tidak mahal, fasilitas yang diberikan oleh pemilik home stay sangat luar biasa ditambah dengan keramahtamahan pemiliknya itu sendiri.

Bupati Ir H Soekirman dalam kesempatan itu mengatakan desa wisata tani ini merupakan hotel terluas yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan sekitar 6 ribu Kepala Keluarga (KK) bila semua itu dijadikan home stay maka hotel berbintang sekalipun tidak ada yang seperti ini.

Desa Melati II ini merupakan desa terluas di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, dengan luasnya desa ini, diharapkan dapat menjadi desa wisata tani terbaik dan semakin berkembang sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Sergai. ”Semua tempat adalah tempat wisata dan semua kegiatan adalah atraksi wisata,” ujarnya.

BACA JUGA  Kejari Sergai Segera Selidiki Laporan Dugaan Penyelewengan Modal di Bumdes Pon Jaya

Dijelaskan Bupati Soekirman, tempat ini akan menjadi satu-satunya wisata desa di Sumatera Utara dengan pelayanan makanan yang baik dan tempat menginap yang nyaman. “Dengan keramahan pemilik home stay, saya merasa seperti berada di rumah saudara sendiri bisa ngobrol dan bercengkrama bersama,” bilang Bupati.

Adapun rute yang dilalui yaitu, rute pertama menuju Panteng Kleset kemudian ke ToJoyo selanjutnya wisata petik jeruk sendiri dilanjutkan ke peternakan kambing etawa.

Di lokasi Wisata Tani Panteng Kleset menyediakan berbagai atraksi di antaranya berkeliling lokasi dengan bersepeda, ditambah dengan hijaunya hamparan persawahan menambah keasrian wisata tani Panteng Kleset.

Selanjutnya, rute kedua menuju ToJoyo yang merupakan tempat berbagai macam miniatur candi dan artefak bersejarah yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang sangat edukatif.

Lanjut trip ketiga menuju lokasi wisata tani Petik Jeruk Sendiri yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi sebelumnya, wisata ini menjadi daya tarik tersendiri karena biasanya wisata seperti ini hanya di daerah pegunungan saja dan ini ada di kabupaten Sergai.

Selain tempatnya yang strategis ternyata jeruk disini sangat manis dan kualitasnya sangat baik. Peternakan kambing etawa menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi oleh rombongan. Di sini wisatawan bisa melihat kambing etawa, juga bisa melihat secara langsung bagaimana cara memerah susu kambing etawa yang baik dan steril.

Disamping itu susu kambing juga bisa langsung di minum setelah dilakukan sterilisasi terlebih dahulu dan masih produk lain dari olahan susu kambing ini yaitu sabun pembersih wajah.

Perjalanan wisata tani di Desa Melati II ini sangat lengkap dan dapat dijadikan tempat berakhir pekan yang menyenangkan di balik kesibukan ketika bekerja sehari hari. Wisata Tani sangat representatif untuk menjadi paket wisata komplit.

BACA JUGA  Pembangunan Harus Dimulai dari Semangat Kebijakan, Kelembagaan dan Kebersamaan

 

Oleh karena itu, Bupati mengajak seluruh masyarakat Sergai untuk bersama memajukan wisata tani ini, agar menjadi tempat wisata yang selalu di ingat dan menjadi tempat wisata unggulan di Sergai serta menjadi tempat tujuan wisata di Sumut. ”Semoga wisata tani ini manjadi desa wisata terbaik di Indonesia bahkan mancanegara,” pungkas Soekirman. (ts18)

Loading...
loading...