BNPB Imbau Pemda Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

1639
Banjir Bandang di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).

tobasatu.com, Jakarta | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Manardo mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk mengantisipasi adanya potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, banjir bandang hingga tanah longsor, di wilayahnya masing-masing-masing.

Imbauan itu disampaikan Kepala BNBP dalam surat himbauan yang diedarkan kepada Kepala Daerah di seluruh Indonesia. 

Para Kepala Daerah diminta untuk mengambil langkah Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam surat tersebut, Kepala BNPB menghimbau agar setiap daerah dapat melakukan upaya pencegahan dari potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir hingga banjir bandang di wilayahnya masing-masing-masing.

“Dalam berbagai kesempatan, Kepala BNPB selalu menegaskan bahwa urusan bencana adalah urusan bersama. Maka dari itu perlu adanya sinergi baik dari pemerintah, dunia usaha, komunitas, masyarakat dan peran media massa dalam penanggulangan bencana,” tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo, Minggu (29/12/2019), terkait banjir bandang yang melanda Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Sejalan dengan hal itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga telah meneruskan surat himbauan tersebut kepada seluruh pemimpin daerah kabupaten/kota di seluruh Provinsi Sumatera Utara sebagai komando dari pusat untuk melakukan upaya pengurangan risiko bencana hidrometeorologi yang dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Sementara itu, menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memprediksi bahwa intensitas hujan sedang hingga tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara hingga tiga hari ke depan sejak 29 Desember 2019. Sehingga dihimbau agar tim gabungan beserta masyarakat dapat mengantisipasi adanya potensi cuaca tersebut. (ts-02)

BACA JUGA  Jalan Payakumbuh-Pekanbaru Lumpuh Total
Loading...
loading...