Mulai Hari Ini, Suara Adzan Berkumandang di Masjid Gubernur

3012
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menandatangani prasasti peresmian Masjid Gubernur, yang terletak di areal rumah dinas Gubernur Sumatera Utara di Jalan Sudirman nomor 41, Medan.

tobasatu.com, Medan | Suara adzan terdengar berkumandang dari Masjid Gubernur yang terletak di pelataran rumah dinas Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (17/1/2020).

Masjid Gubernur.

Masjid itu baru saja diresmikan penggunaannya, ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Lubis, dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Masjid baru yang memiliki 9 pintu serta kubah berwarna kuning emas ini dibuka untuk masyarakat umum dalam melaksanakan ibadah salat 5 waktu dan kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid yang berada di areal Rumah Dinas Gubernur tersebut dibangun sejak Juni 2019, mampu menampung sebanyak 500 jemaah dan bisa diakses masyarakat melalui dari Jalan Urip Sumoharjo.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan siapapun boleh menggunakan masjid tersebut untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebaikan umat. Masjid tidak hanya digunakan untuk beribadah saja, melainkan bisa untuk berdakwah, bersilaturahmi dan kegiatan yang berhubungan dengan kebaikan umat.

“Manfaatkan masjid ini untuk beribadah, silaturahmi dan membahas sesuatu untuk kebaikan umat. Bagi yang mau tausiyah jika tidak ada tempat gunakan masjid ini,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, masjid ini dibangun karena di sekitar Rumah Dinas Gubernur tidak ada masjid yang dekat. Dia bahkan tidak pernah mendengar adzan jika sedang berada di rumah dinas. Padahal, selain untuk panggilan menunaikan shalat (berjemaah), juga bisa sebagai penanda waktu.

“Jika saya duduk di sini (rumah dinas) tidak pernah mendengar adzan, Insya Allah dengan adanya masjid ini  akan terdengar adzan di sini. Adzan di sini selain fungsinya sebagai masuknya waktu shalat, juga menunjukan waktu,” kata Gubernur.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi berkesempatan menamai masjid tersebut dengan nama Masjid Gubsu  yang merupakan singkatan dari Gubernur Sumatera Utara.

BACA JUGA  Dirgahayu Sumatera Utara, Wujudkan Sumut Bermartabat dan Sukseskan Pemilu 2019

“Kita namakan masjid ini dengan Masjid Gubsu biar adil. Gubsu tidak selamanya Edy Rahmayadi. Siapapun bisa jadi Gubsu,” katanya.

Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus mengatakan pembangunan masjid ini dimulai sejak Juni 2019. Didanai dengan APBD Pemprov Sumut tahun 2019. “Masjid ini terbuka untuk umum, silahkan masyarakat menggunakannnya untuk shalat lima waktu atau kegiatan keagamaan lainnya,” ujarnya.

Fitriyus juga menceritakan alasan dibangunnya masjid tersebut. Sewaktu baru memasuki dan berkeliling rumah dinas. Gubernur menyampaikan agar dibangun masjid di tempat ini karena pasti banyak kegiatan yang diadakan di rumah dinas. “Selain itu banyak masyarakat di sekitar masjid, sementara masjid di kelurahan ini (Anggrung) sangat berjauhan,” kata Fitriyus.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Danlantamal I Belawan Abdul Rasyid Kacong, Pangkosek Hanudnas III Djohn Amarul, Danlanud Soewondo Meka Yudanto, Ketua MUI Sumut Abdullah Syah, Sekretaris Umum MUI Sumut Ardiansyah, organisasi masyarakat, OPD Pemprov Sumut, serta anak-anak Panti Asuhan Brayan, Medan. (ts-02)

Loading...
loading...