Peringkat PDAM Tirtanadi Merosot, Gubsu Didesak Copot Trisno Sumantri

911
Massa tergabung dalam Aliansi Masyarakat Konsumen Air (AMKA) Sumatera Utara menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Sumut di Jalan Diponegoro Medan, Senin (27/1/2020). Massa menuntut Dirut PDAM Tirtanadi dicopot dari jabatannya.

tobasatu.com, Medan | Massa tergabung dalam Aliansi Masyarakat Konsumen Air (AMKA) Sumatera Utara menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Sumut di Jalan Diponegoro Medan, Senin (27/1/2020).

Mereka mendesak Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mencopot Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri karena dinilai tak mampu mewujudkan visi dan misi gubernur untuk menjadikan Sumut bermartabat.

Sejak dipimpin Trisno Sumantri, penilaian terhadap PDAM Tirtanadi yang diberikan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengalami kemerosotan dari awalnya peringkat ke 41 menjadi peringkat ke 89 pada tahun 2019. 

Hal itu menjadi perhatian masyarakat Sumut. Sebab sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi pernah berpesan guna menyelamatkan PDAM Tirtanadi maka harus mencari Dewan Pengawas (Dewas) dan direksi yang berkualitas.

“Bahkan Gubsu pernah mengatakan kepada dewan pengawas harus bekerja sebaik-baiknya agar segala permasalahan mengenai air di Sumut bisa terselesaikan,” ujar Hamzah Hasibuan selaku Koordinator Aksi.

Dikatakan Hamzah, menurunnya peringkat PDAM Tirtanadi dari peringkat 41 menjadi 98, membuktikan bahwa kinerja Dirut PDAM Tirtanadi sangat buruk dan tidak mampu mendongkrak kemajuan perusahaan daerah tersebut sehingga sangat memalukan Sumatera Utara.

“Bahwa tercatat tahun 2018 PDAM Tirtanadi Sumut di peringkat 41 akan tetapi merosot menjadi posisi 98, menjadi pukulan buat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Kami mempertanyakan kualitas dan kemampuan dirut yang diangkat oleh Gubsu Edy Rahmayadi,” sebut Hamzah.

Massa juga mendesak DPRD Provinsi Sumatera Utara memanggil jajaran direksi PDAM Tirtanadi terkait merosotnya peringkat yang diberikan Kemen PUPR tersebut.

“Kami juga menagih janji Gubernur Sumatera Utara menciptakan Sumut Bermartabat, dan untuk menyelamatkan PDAM Tirtanadi harus memberhentikan oknum yang tidak becus dalam bekerja.

Aksi unjukrasa diterima Kasubag Hubungan Antar Lembaga Humas Salman Tanjung, yang menyatakan akan menampung aspirasi para pengunjukrasa dan menyampaikan kepada pimpinannya. (ts-02) 

BACA JUGA  Delviyandri Bertekad Jadikan PBVSI Sumut Barometer Voli Nasional
Loading...
loading...