Pemerintah Perlu Bentuk Satgas Anti Rentenir untuk Lindungi Pelaku UMKM

296

tobasatu.com, Medan | Anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Rudiawan Sitorus S.Pil.I, M.Pem.I menggagas lahirnya Satuan Tugas (Satgas) Anti Rentenir dalam melindungi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Medan.

 

Usulan ini disampaikan politisi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Medan saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Medan, kemarin.

“Kita sudah sampaikan agar Pemko Medan membuat Satgas Anti Rentenir. Kenapa harus dibentuk satgas, harapannya bisa melindungi pelaku UMKM,” jelas Rudiawan kepada wartawan, Rabu (05/02/2020).

Rudiawan Sitorus mengungkapkan, saat ini sering kali pelaku UMKM menjadi sasaran rentenir sehingga keberadaan mereka sulit tumbuh dan berkembang.”Satgas ini dilakukan sebagai upaya pencegahan,” jelasnya.

Politisi yang juga sekaligus praktisi ruqyah ini mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan pembinaan dan pengawalan sehingga bisa bersaing.

“Pembinaan UMKM mutlak sangat diperlukan agar mereka bisa bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Dalam persoalan ini Pemerintah harus mengutamakan produk UMKM.Kebutuhan konsumsi dan produksi kota Medan diharapkan juga memakai Produk UMKM,” paparnya.

Dalam persoalan lebih luas, Rudiawan meminta Pemerintah Kota Medanmelakukan evaluasi koperasi-koperasi yang berkedok koperasi padahal hakikat nya rentenir yang menjebak para UMKM. (ts-02)

BACA JUGA  Pelaku UMKM Diminta Manfaatkan Momentum Industri 4.0
Loading...
loading...