Berbagai Hasil Laut Kini Sudah Tersedia di Pasar Induk Medan

995
Kepala Pasar Induk Tuntungan Medan, Sedia Ginting berfoto bersama pedagang.

tobasatu.com, Medan | Berbagai hasil laut mulai dari ikan, udang dan lainnya kini sudah tersedia di Pasar Induk Tuntungan. 

Sejak Selasa (12/2/2020), pasar tradisional yang semula hanya menjual sayur mayur itu, juga telah diisi dengan pedagang hasil laut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pasar Induk Tuntungan Medan, Sedia Ginting. Katanya, pihaknya siap menerima pedagang ikan masuk ke Pasar Induk melalui Koperasi Pedagang Ikan dan Nelayan kota Medan agar lebih nyaman. 

“Dengan mulai masuknya pedagang ikan ini, kami berharap Pasar Induk Medan semakin ramai pembeli,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah lama berharap ada pedagang ikan masuk karena kebutuhan masyarakat. Namun, hal ini baru terealisasi setelah terbentuknya kerjasama dengan koperasi pedagang ikan dan nelayan Kota Medan.

“Jadi dengan terbentuknya kerjasama dengan koperasi ini, maka kami sudah siapkan tempat hingga 80 meja untuk menjual hasil laut, namun kini masih 25 meja, kami berharap kedepan 80 meja ini sudah terisi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Koperasi Pedagang Ikan dan Nelayan Pasar Induk Medan, Iwan Harianto, mengatakan sangat optimis dengan dibentuknya koperasi ini, agar pihaknya dapat merangkul seluruh pedagang ikan yang ada di Pasar Induk Medan.

“Koperasi ini kita bentuk agar pedagang ikan dan nelayan lebih mapan dan meningkatkan penghasilan mereka, dimana untuk proses pengambilan ikan ini kita ambil dari Belawan terutama  Bagan Deli, jadi kita ingin mengangkat nelayan-nelayan yang ada di pantai tersebut khususnya nelayan yang berdomisili di Bagan Deli supaya lebih makmur ke depannya,” ujarnya.

Untuk anggota, dijelaskannya, sudah mencukupi untuk berjualan di Pasar Induk Medan ini, namun untuk pembukaan yang akan berjualan pertama ini hanya akan dihadiri seperempat para anggota koperasi.

“Untuk itu, kami mengajak kawan-kawan dari desa Bagan Deli hendaknya bergabung dengan kami, mari kita sama-sama berjuang supaya nelayan nelayan di tepi laut bisa meningkatkan penghasilannya,” ujarnya.

Pembina Koperasi Pedagang Ikan dan Nelayan Kota Medan, Benson Kaban mengatakan, dengan terbentuknya koperasi tersebut, dapat memajukan perekonomian pedagang ikan dan nelayan. 

“Saya optimis pedangang ikan di Pasar Induk akan maju, dan kedepannya saya berharap mereka sudah punya kendaraan roda empat sendiri dalam membawa hasil ikan mereka ke Pasar Induk Medan ini,” ujarnya. (ts-24)

BACA JUGA  Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk Laucih Dinilai Lamban
Loading...
loading...