Jalan Kesawan akan Ditata Menjadi Seperti Malioboro

597
Plt Wali Kota Medan Akhyar, saat rapat membahas penataan kawasan bersejarah di Kota Medan bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Kamis (13/2/2020).

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Kota Medan akan melakukan penataan sejumlah kawasan bersejarah di Kota Medan, salah satunya kawasan kota tua Kesawan yang akan ‘disulap’ menjadi seperti Jalan Malioboro yang menjadi ciri khasnya Yogyakarta.

Menurut Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, nantinya masyarakat dapat menikmati suasana malam di kawasan Kesawan sambil menikmati kuliner khas Kota Medan.

“Kota Medan juga nantinya memiliki wisata malam layaknya Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Malioboro. Masyarakat juga akan dapat mencicipi kuliner sambil menikmati suasana Kota Medan dimalam hari,” papar Akhyar, saat rapat membahas penataan kawasan bersejarah di Kota Medan bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Kamis (13/2/2020).

Menurut Akhyar penataan kawasan bersejarah ini merupakan bagian dari upaya Pemko Medan untuk menggaet wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Rapat ini dihadiri sejumlah OPD di Lingkungan Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Terkait bangunan bersejarah Warenhuis di Jalan Ahmad Yani VII-Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, nantinya akan ditata ulang menjadi kawasan pedestrian.

Pemko Medan juga akan merevitalisasi ulang Lapangan Merdeka serta pendopo yang berada didalamnya. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi semula dari Lapangan Merdeka sehingga masyarakat dapat berolahraga dengan nyaman di kawasan tersebut.

Pendopo Lapangan Merdeka nantinya akan dibangun menjadi 2 lantai, dimana nantinya di lantai kedua akan dibangun museum digital yang akan memberikan informasi kepada masyarakat luas ataupun kepada para turis terkait sejarah Kota Medan.

Disamping itu untuk melerai kemacetan, akan dibangun lokasi parkir tertentu agar agar masyarakat tidak lagi parkir disembarang tempat yang menyebabkan kemacetan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumut mengaku senang dan mendukung perencanaan tersebut. Sebab Kota Medan merupakan wajah dari Provinsi Sumut, maka dari itu Kota Medan harus indah, bersih, nyaman dan asri. Gubsu juga berharap agar rencana ini dapat segera diwujudkan secepat mungkin. (ts-02)

BACA JUGA  Polisi Jangan Ragu Tembak di Tempat
Loading...
loading...