Tanah Didaftarkan dalam Izin Pertambangan, Warga Desa Sugau Protes

579
warga Dusun II Durin Pitu Desa Sugau

tobasatu.com, Pancurbatu | Tak terima tanahnya didaftarkan ke izin pertambangan oleh seorang warga berinisial AEG. Masyarakat Dusun II Durin Pitu Desa Sugau protes dan menuntut pendaftaran tanah tersebut dibatalkan.

Aksi protes tersebut, diwakili oleh Tamat Tarigan (66), Eddy Ardinata Ginting (40), Adi Zakaria (34), Masa Purba (57) ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deliserdang dan kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Rabu (12/2) siang Jam 12.00 Wib.

Menurut perwakilan warga ini, lahan yang diajukan oleh AEG tidak sesuai dengan permohonan yang masuk ke instansi terkait. Namun untuk memuluskan izin pertambangannya, AEG memasukan lahan warga dalam titik koordinat.

Sedangkan AEG sendiri tidak pernah meminta izin kepada warga atau teman serta kepada kepala Desa Sugau.

Kepala Desa Sugau Dahlan Purba yang dikonfirmasi Kamis (13/2) sore Jam 16.00 Wib menjelaskan, AEG dulu pernah meminta izin rekomindasi darinya untuk mengurus izin pertambangan. “Namun karena alas hak tanah warga yang dimasukannya dalam titik koordinat tidak dilampirkan, saya tidak memberi izin.”

“Memang benar kalau AEG ada memiliki lahan di Desa kita, namun lahannya tersebut hanya sekitar 4 Hektar saja,” ujar Kades.

Sementara itu, salah seorang staff di kantor Pelayaan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Erna boru Malau ketika disambangi ke kantornya Rabu (12/2) sore Wib mengatakan, pihaknya masih mempelajari berkas yang diajukan AEG untuk mengurus izin pertambangan.

“Selain mempelajari berkasnya, tim kami juga nanti akan turun kelapangan untuk meninjau lokasi, apakah layak dikeluarkan izin atau tidak,” ujarnya.(ts18)

BACA JUGA  Pegiat Start Up Dukung Kolaborasi Medan Berkah Bobby Nasution
Loading...
loading...