Dikendalikan oleh Napi, Penyelundupan Ganja Disamarkan Asam Jawa

1072

tobasatu.com, Banten | Beragam cara dilakukan untuk menyelundupkan ganja. Salah satunya dengan disamarkan bersama buah asam jawa.

Ini terungkap oleh BNN pada tanggal 18 Februari 2020. BNN RI mengamankan 540 Kg ganja di daerah Jakarta, sedangkan BNNP Banten menggagalkan upaya penyelundupan ganja via paket seberat 50 Kg di wilayah Tangerang.

Khusus untuk kasus yang diungkap di Banten, Kepala BNNP Banten, Tantan Sulistyana, menjelaskan bahwa kasus ini dapat dibongkar karena diawali dengan adanya informasi tentang pengiriman ganja dari Aceh ke daerah Banten. Sebagai tindak lanjut dari informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan.

“Pada tanggal 18 Februari 2020, petugas BNNP Banten menangkap dua tersangka laki-laki berinisial MM dan BW di sebuah kantor agen perjalanan bus di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang,” imbuhnya saat konferensi pers di gedung BNNP Banten, belum lama ini.
Kedua pelaku diamankan setelah mengambil paket kiriman empat buah keranjang yang berisi buah asem jawa yang dicampur dengan narkotika jenis ganja. Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku tersebut berperan sebagai kurir. Sementara itu, pemilik ganja tersebut adalah MF dan ND (keduanya warga binaan di sebuah lapas). Selanjutnya pengembangan kasus dilakukan dengan mengamankan dua napi tersebut. Dari keterangan para pelaku, ganja akan diedarkan di kawasan Banten dan Jakarta.

Selain menyita barang bukti ganja, petugas juga menyita satu unit kendaraan roda empat, dua kartu ATM, sebuah buku rekening dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Para pelaku dikenakan pasal Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU. RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman maksimal pidana mati. (ts/rel)

BACA JUGA  Bawa 3 Gram Ganja, 2 Penunggang Vixion Diamankan Satgas Yonif 121/Macan Kumbang 
Loading...
loading...