Driver Ojol di Sumut Protes Rencana Komisi V DPR Hapuskan Sepedamotor Sebagai Transportasi Umum

448
Driver Ojol menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Sumut, Jumat (28/2/2020).

tobasatu.com, Medan | Ratusan pengendara ojek berbasis aplikasi online (Ojol) menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (28/2/2020).

Mereka menolak rencana Komisi V DPR RI yang akan merevisi Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan, dimana salah satu poin rencana revisi tersebut adalah mengenai transportasi daring roda dua.

Dalam orasinya, masa Ojol menyatakan menolak pernyataan anggota Komisi V DPR RI, Nurhayati yang ingin menghapus ojol sebagai transportasi umum.

“Jangan roda dua dihapuskan, kita tidak punya roda empat (mobil). Kita bukan cari kaya, tapi cari hidup untuk anak istri,” teriak Gusman, perwakilan massa melalui pengeras suara.

Aksi itu diterima Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto. Dia menyatakan sangat tidak mendukung pernyataan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa yang menyebut, sebagian besar fraksi setuju kendaraan roda dua tidak jadi transportasi umum.

Hendri juga menyampaikan, pihaknya sudah menelpon rekannya di Komisi V DPR RI untuk memastikan apakah ada usulan kalau kendaraan roda dua tidak jadi transportasi umum.

“Statmen yang disampaikan itu sifatnya pribadi, tidak ada usulan pemerintah agar sepadamotor tidak jadi transportasi umum,” katanya didampingi Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan anggota DPRD Sumut Merryl R Saragih.

Dia juga berharap, revisi UU LLAJ nantinya sesuai dengan keinginan para Ojol. Jika tidak, dia khawatir akan banyak yang akan kehilangan pekerjaan dan negara ini akan bergejolak karena banyak pengangguran.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani menegaskan, akan menyampaikan tuntutan Ojol di Sumut ke DPR RI selaku lembaga yang membahas revisi UU LLAJ.

“Kami selaku anggota DPRD Sumut akan melanjutkan dan meneruskan tuntutan Ojol Sumut. Kami minta agar Komisi V untuk melibatkan perwakilan Ojol di Jakarta,” imbuhnya. (ts-02)

Loading...
loading...