Tak Hanya Imbauan, Pemko Perlu Lakukan Langkah Konkret Cegah Virus Corona

825
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Medan, Sudari ST.

tobasatu.com, Medan | Komisi II DPRD Medan meminta Pemerintah Kota (Pemko) melakukan langkah-langkah konkrit guna pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Medan. 

Langkah konkrit tersebut seperti pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh di kantor-kantor yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik.

“Jangan hanya mengeluarkan imbauan-imbauan ke masyarakat. Yang perlu sekarang langkah-langkah konkrit penanganannya,” tegas Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan, Sudari, bersama Ketua Komisi II Aulia Rachman, Senin (16/3/2020), di gedung dewan.

Menurut Sudari, pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh tersebut mendesak dilakukan karena sebagai deteksi awal mengetahui seseorang terjangkit Covid-19. Sehingga jika ada warga dengan suhu tubuh di atas normal dapat segera diisolasi dan ditangani.

“Puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat juga harus siap menangani bila ada yang terjangkit Covid-19. Seperti penyediaan ruang isolasi dan lainnya,” katanya.

Ia juga meminta Puskesmas gencar mensosialisasikan upaya preventif agar tidak mudah terinfeksi Virus Corona. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat.

“Dorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan daya tahan tubuh,”kata Sudari.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga meminta semua pihak termasuk pejabat Pemko untuk mematuhi protokol penanganan corona yang telah diterbitkan pemerintah pusat, diantaranya menjauhi tempat-tempat keramaian.

“Ada lima protokol yang diterbitkan pemerintah yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawasan Perbatasan, Protokol Area Pendidikan¬† dan Protokol Area Publik dan Transportasi. Mari kita semua mematuhi protokol tersebut,”kata Sudari. (ts-02)

BACA JUGA  Putus Mata Rantai Covid-19, Babinsa Kodim 0201/BS Komsos ke Para Ojol
Loading...
loading...