Cegah Penyebaran Covid-19, Lapas Pancurbatu Tiadakan Kunjungan

338
Kalapas Pancurbatu Haposan Silalahi

tobasatu.com, Pancurbatu | Dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pancurbatu tidak menerima kunjungan keluarga para tahanan. Pemberlakuan larangan kunjungan ini, terhitung sejak Senin (23/3) kemarin.

Kalapas Pancurbatu Haposan Silalahi menjelaskan, untuk mengobati kerinduan keluarga atau kerabat yang ingin berkomunikasi dengan para tahanan Lapas Pancurbatu, pihaknya telah menyediakan 3 unit HP sebagai sarana komunikasi.

“Mudah-mudahan, masyarakat bisa memaklumi kondisi ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Karena hal ini sesuai instruksi pemerintah yang memberlakukan Sosial Distancing (pembatasan sosial) untuk mencegah penyebaran virus Covif-19,” ujar Haposan.

Selain pelarangan berkunjung, pihak Lapas juga melakukan penyemprotan Disinfektan di seluruh ruangan kantor dan kamar tahanan secara rutin. Penyemprotan tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang saat ini sedang mewabah di hampir seluruh dunia.

“Sampai saat ini, baik pegawai maupun tahanan Lapas Pancurbatu tidak ada yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dan saya juga berharap, semoga kami tetap aman dan terhindar dari virus yang menakutkan ini,”sebutnya.

Haposan juga menambahkan kalau saat ini pihaknya juga tidak lagi menerima titipan tahanan baik itu dari polisi maupun kejaksaan.

Ketika disinggung soal tahanan yang masih menjalani persidangan, Kalapas Pancurbatu mengaku, bisa dilakukan melalui telekonferensi.

“Dimana para tahanan yang akan disidangkan, memberikan keterangannya dari dalam Lapas Pancurbatu, sementara pihak kejaksaan maupun hakim, menyidangkan tahanan tersebut dari kantor masing-masing,”tutupnya.(ts19)

BACA JUGA  Soal Kasus Dugaan Suap Gatot, KPK Terus Dalami Penyidikan
Loading...
loading...