Bupati Asahan Diminta Naikkan Status Kebencanaan Covid-19 Jadi Tanggap Darurat

1350
Wakil Ketua DPRD Asahan, Rosmansyah.

tobasatu.com, Asahan | Wakil Ketua DPRD Asahan, Rosmansyah meminta Bupati Asahan, H Surya untuk menaikkan status kebencanaan dari siaga menjadi tanggap darurat.

“Langkah ini perlu dilakukan untuk menyelamatkan warga di Kabupaten Asahan dari ancaman kelaparan. Dalam hal ini, H Surya selaku kepala daerah seharusnya peka. Karena saat ini, banyak warga kehilangan pekerjaan dan penghasilan akibat terdampak Covid-19,” ungkap Rosmansyah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/4/2020).

Dengan menaikkan status kebencanaan tersebut, lanjut Rosmansyah, Pemerintah Kabupaten Asahan bisa mengeluarkan beras cadangan Pemerintah.

“Hal itu sesuai dengan Permensos Nomor 22 Tahun 2019 tentang Prosedur dan Mekanisme Penyaluran Cadangan Pemerintah untuk Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana dan Kerawanan Pangan Pasca Bencana,” tegasnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini, ada sekitar 100 ton cadangan beras yang bisa dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Dengan menaikkan status tersebut, Pemerintah Daerah hanya tinggal mengajukan surat permintaan resmi kepada pihak Bulog Asahan untuk mengeluarkan beras cadangan Pemerintah, sehingga Pemerintah daerah tidak perlu untuk mengeluarkan anggaran dari kas daerah untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat,” tegasnya.

Rosmansyah yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan meminta kepada Bupati Asahan untuk tidak hanya melakukan tindakan preventif.

“Hal itu mengingat dampak pandemi Covid-19 terus meluas. Disamping itu, Pemerintah harus segera membuat langkah-langkah jaring pengamen sosial

“Karena kalau tidak membuat jaring pengaman sosial itu, maka rakyat bisa menjadi kelaparan, sehingga bisa dapat menjadi ancaman kerusuhan,” terangnya. (ts-21)

BACA JUGA  LSM Laporkan Megawati Soekarnoputri ke Bareskrim
Loading...
loading...