Jangan Sepelekan Tanaman Ini, Ternyata Obat Ampuh untuk Asam Urat

39355
Sirih Cina obat untuk asam urat

tobasatu.com, Medan | Tanaman yang satu ini, banyak tumbuh di tempat lembab seperti di samping rumah, pot bunga dan dekat parit. Biasanya tanaman yang dikenal sirih cina atau ketumpang air tersebut, bakal dibabat habis bila terlihat semak.

Padahal sirih cini atau ketumpang air ini memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati asam urat.

Asam urat terjadi saat kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari biasanya. Hal ini memicu penumpukkan serta pembentukan kristal-kristal asam urat, yang menyebabkan peradangan pada persendian yang disertai kemerahan, bengkak, bahkan sampai pengidap tidak bisa bergerak.

Sehingga, munculnya penyakit ini kebanyakan sering menyerang orang-orang yang sudah menginjak lansia. Tapi para penderita tersebut, sudah banyak yang sembuh setelah mengkonsumsi sirih Cina.

Salah satunya adalah ibu Wagiah yang sempat bertemu wartawan tobasatu.com saat mencari sirih cina disekitar kediamannya.

Menurut wanita yang berusia hampir 65 tahun itu. Sirih cina memang obat paling pas untuk asam urat. Namun banyak orang gak tau. Itu terbukti, tanaman tersebut sering dicabut atau dibabat habis saat banyak tumbuh disekitar rumah.

Ia lalu menceritakan pengalamannya mengkonsumsi sirih cina. “Saya sudah merasakan sendiri khasiat Sirih Cina saat menderita asam urat. Waktu itu, saya ada beberapa kali mengkonsumsi. Ternyata rasa sakit asam urat di kaki berangsur-angsur baik dan sampai sekarang tak pernah kambuh lagi,”jelasnya.

Wanita yang telah memiliki 4 orang cucu ini, lalu menjelaskan cara pengolahan sirih cina untuk obat asam urat yaitu dengan direbus untuk diminum airnya ataupun dijadikan lalapan bagi mereka yang doyan.

“Kalau untuk diminum, ambil segenggam sirih cina, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas air. Kemudian di minum. Kalau saya waktu itu, mengkonsumsinya sehari dua kali, pagi sama sore. Ya dilakukan secara berulang. Dicobalah nanti juga akan tau hasilnya. Mudah-mudahan yang sakit cepat sembuh,”beber bu Wagiah ramah.(ts01)

BACA JUGA  Soal Tablet PCC, Begini Hasil Uji Laboratorium BPOM
Loading...
loading...