Peringatan Hari Lahir Pancasila, Dandim 0201/BS: Pancasila adalah Pemersatu Bangsa

300

tobasatu.com, Medan | Tak dapat dipungkiri bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa. Tidak boleh ada ideologi lain di Indonesia selain Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga selepas mengadakan peringatan Hari Lahir Pancasila di Aula Makodim 0201/BS di Jalan Pengadilan, Medan, Senin (1/6). Selain prajurit Kodim 0201/BS, peringatan ini dihadiri pula oleh para veteran dan organisasi Hipakad. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini bertemakan, ‘Pancasila dalam tindakan. Gotong royong menuju Indonesia maju’.

Dandim 0201/BS mengungkapkan karena sedang ada pandemi covid-19, maka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini tak diadakan dengan upacara. Peringatan di Kodim 0201/BS dan jajaran, katanya, dilaksanakan dengan terlebih dulu menonton film pemberontakan PKI dan dilanjutkan dengan menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Kegiatan ini dilaksanakan tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19. “Kami mengundang para veteran sebagai wujud rasa hormat kami buat para sesepuh TNI AD,” kata Roy.

Ditambahkan Roy, sesuai dengan pidato Presiden Joko Widodo, bahwa Pancasila akan selalu hidup di bumi pertiwi ini. “Peringatan Hari Lahir Pancasila ini harus dijadikan momen untuk saling berbagi dan saling bahu membahu dalam membangun bangsa dan negara,” jelasnya.

Abituren Akmil 1997 ini melanjutkan bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa Indonesia. Karena itu Pancasila merupakan satu-satunya ideologi di Indonesia. “Kita terdiri dari berbeda suku, agama dan ras, tetapi berkat adanya Pancasila, bisa mempersatukan kita sampai seperti sekarang ini,” beber Roy.

Mengenai pemutaran film pemberontakan PKI, Roy menyebut ini sebagai sarana untuk pembelajaran agar tidak melupakan sejarah. “Pemutaran film PKI itu untuk mengenang jasa pahlawan dan mengingatkan kita terhadap Pancasila,” jelasnya.

BACA JUGA  Berikan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Masyarakat, TNI-Polri Patroli Skala Besar di Medan

Pada kesempatan itu, Roy juga berpesan covid-19 memang terjadi di banyak negara dan berdampak pada semua lini. Karena itu, ia mengingatkan untuk membiasakan memakai masker, sering cuci tangan, sebisa mungkin hindari kerumunan dan pakai penyanitasi tangan (hand sanitizer).

“Mari kita bersama-sama lawan covid-19 ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covud-19. Terima kasih atas kehadirannya. Semoga pertemuan ini bisa menambah semangat kita untuk berbakti kepada bangsa dan negara,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan pembagian sembako untuk para veteran. Diharap bantuan ini bisa mengurangi beban para veteran terlebih di tengah pandemi covid-19. Hadir pada kegiatan ini para Perwira Seksi Kodim 0201/BS, para prajurit Kodim 0201/BS, para veteran dan perwakilan organisasi Hipakad. (ts/rel)

Loading...
loading...