Ketua DPRD Sumut Optimis Petani Humbahas Hasilkan Bawang Putih Berkualitas

595
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting ketika menghadiri acara panen bawang bersama Gubsu Edy Rahmayadi di Kabupaten Humbahas.

tobasatu.com, Humbahas | Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting merasa optimis petani di Kabupaten Humbahas (Humbanghasundutan) bisa menghasilkan bawang putih berkualitas dan dapat meningkatkan penghasilan maupun tingkat perekonomian petani holtikultura di daerah tersebut.

Sikap optimis tersebut diungkapkan Baskami Ginting saat kunjungan kerja dan mengikuti panen Bawang Putih bersama rombongan Gubsu Edy Rahmayadi, Rabu (3/6/2020) di areal pertanian Bawang Putih milik kelompok tani Peasigaol di Desa Hutasoit II Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbahas.

Menurut Baskami Ginting, Bawang Putih berkualitas bisa dihasilkan, dibutuhkan keseriusan dari para petani itu sendiri, dalam bercocok tanam dan hal tersebut tentunya juga harus ada dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Humbahas, terutama terkait membantu fasilitas peralatan industri pertanian.

Terkait hal itu pula, Baskami Ginting yang didampingi anggota Dewan dapil Sumut IX yaitu Viktor Silaen, Pantur Banjarnahor, Irwan Simamora, Jubel Tambunan, JTP Hutabarat, Tangkas Manimpan Tobing dan Rahmansyah Sibarani, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE,  OPD dan Forkopimda Provsu, kabupaten/kota berharap petani memasarkan hasil panen bawang ke pasar-pasar di Sumatera Utara, sehingga Sumut tidak lagi memasok bawang putih dari luar.

Berdasarkan informasi dari Bupati Humbahas, lanjut Baskami, keberhasilan bertanam bawang putih di Kabupaten Humbahas merupakan salah satu prioritas dari lima prioritas pertanaman yang direncanakan Bupati Humbahas, antara lain jagung, bawang merah, bawang putih, kentang dan padi.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor sangat  mengapresiasi perhatian dan dukungan Gubsu dan tim DPRD Sumut dari dapil IX dipimpin Ketua Dewan Baskami Ginting banyak membantu dan meningkatkan semangat bertani terhadap masyarakat Humbang Hasundutan, terutama di bidang pertanian dan peternakan.

Bupati Humbahas juga minta dukungan dan bantuan Gubsu berupa alsintan atau alat dan mesin pertanian, karena lahan yang belum dimanfaatkan di Humbahas masih luas. Demikian juga dibidang peternakan, bupati memohon Pemprovsu mendorong masyarakat beternak Kerbau dan mempersiapkan lahan serta menanam rumput. (ts-02)

BACA JUGA  Iuran BPJS Batal Naik, Pelayanan Kesehatan Diharapkan Tetap Maksimal
Loading...
loading...