Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban di Asahan Masih Sepi Akibat Covid-19

572
Ilustrasi peternakan sapi (ist).

tobasatu.com, Asahan | Permintaan hewan kurban di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, menurun drastis akibat pandemi Covid-19.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan menyatakan meski ketersediaan hewan kurban dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Adha 1441 H, namun, aktivitas jual beli hewan kurban sampai saat ini masih terlihat sepi. 

“Untuk penjualan hewan kurban ada, tapi masih sedikit. Hal itu dikarenakan masih ada dampak dengan Covid-19,” ungkap Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan, Hardiansyah Siregar SPt, Kamis (23/7/2020).

Dirinya berharap penjualan hewan ternak bisa ramai menjelang hari raya Idul Adha. 

“Selain itu, diharapkan juga proses jual beli hewan ternak di pasar ternak. Karena di pasar ternak akan terus menyediakan hewan ternak untuk kurban yang sehat dan terjamin,” jelasnya.

Setiap pembelian hewan ternak untuk kurban, lanjut Hardiansyah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan akan mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), Surat Keterangan Kepemilikan Ternak (SKKT) dan Surat Jalan Ternak. 

“Artinya, lebih aman beli hewan kurban di pasar ternak, karena mantri ternak akan selalu memantau kesehatan hewan ternak,” terangnya. (ts-21)

BACA JUGA  Dinas Peternakan Sumut Jamin Ketersediaan Pasokan Hewan Kurban
Loading...
loading...