Oknum Security PTPN IV Air Batu Tembak Warga di Areal Perkebunan

435
Gambar : Jhon Purba saat berada di RSUD HAMS Kisaran.

tobasatu.com, Asahan | Warga Dusun II Buntu Pagar Desa Sidomulyo, Kabupaten Asahan digegerkan dengan aksi penembakan yang dilakukan oleh oknum security PTPN IV Air Batu terhadap salah seorang warga, Jhon Purba (33), Kamis (23/6/2020) lalu.

Menurut Kapolsek Prapat Janji Iptu JT Siregar, kejadian berawal saat Jhon Purba terlihat petugas Security kebun Danton Security Fitriadi, Bapam Pelda (purn) Sukamto dan 3 orang Security lainnya sedang berada di wilayah kebun tepatnya di Afdeling VIII TM 2006 Blok AAC perkebunan PTPN IV Air Batu.

“Melihat hal tersebut, Danton Security Fitriadi (51) mendatangi Jhon Purba. Merasa tidak senang, Jhon kemudian hendak membacok Danton Security Fitriadi dengan sebilah egrek. Melihat hal tersebut, Bintara Pengaman (Bapam) Pelda (purn) Sukamto (51), sempat memberikan tembakan peringatan sebanyak 1 kali menggunakan senjata Air Softgun, namun tidak diindahkan Jhon Purba, ” ungkapnya, Minggu (26/7/2020).

Dikarenakan Jhon Putra terus mengejar Sukiadi yang terjatuh, lanjut Iptu JT Siregar, dan mengayunkan kembali Egreknya, seketika Pelda (purn) Sukamto kemudian menembak Jhon Purba dan mengenai dada sebelah kiri.

“Setelah tertembak, Jhon Purba kemudian lari ke arah Kampung Buntu Pagar dan menyampaikan kepada masyarakat di Buntu Pagar bahwa dirinya ditembak oleh petugas Pengamanan Perkebunan PTPN IV Air Batu,” terangnya.

Dirinya memaparkan, setelah mendengar penyampaian Jhon Purba, lebih kurang 200 orang masyarakat Buntu Pagar langsung mendatangi perumahan Staff PTPN IVĀ  guna mencari Pelda (purn) Sukamto, tapi tidak menemukan yang bersangkutan.

“Selanjutnya Jhon Purba kemudian langsung dibawa oleh pihak keluarga ke RSU HAMS Kisaran. Penembakan itu mengakibatkan korban Jhon mengalami luka lebam di bagian dada sebelah kiri. Berdasarkan keterangan dokter yang memeriksa korban, peluru dari Air Soft Gun tersebut tidak masuk di dalam tubuh korban, sehingga tidak diperbolehkan rawat inap di RSU HAMS,” terangnya.

Kapolsek Prapat Janji menambahkan, akibat kejadian itu, pihaknya kemudian langsung melakukan mediasi kepada masyarakat.

“Saat ini, kejadian penembakan tersebut masih ditangani oleh pihak Polsek Prapat Janji,” tambahnya. (ts-21)

Loading...
loading...