Agar Pasar Tradisional Ramai Dikunjungi, Pedagang Harus Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

326

tobasatu.com, Medan | Disiplin dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan covid-19, sangat penting dilakukan oleh masyarakat. Tak terkecuali bagi pedagang di pasar tradisional.

Imbauan ini diungkapkan Ketua Relawan Bobby Nasution (Re-Born) Suwarno selepas melakukan kegiatan Jemput Aspirasi Pedagang di Pasar Pagi, Jalan Cahaya, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (4/8).

Saat mengumpulkan penjaringan aspirasi pedagang, Suwarno melihat para pedagang masih sering lupa mengenakan masker. Menyadari itu, Suwarno memborong puluhan masker yang dijual oleh pedagang di pasar itu. Selanjutnya masker-masker tadi dibagikan oleh Suwarno dan timnya kepada para pedagang yang belum memakai masker. Pembagian masker yang dilakukan mendadak ini disambut hangat oleh para pedagang.

“Pembagian masker ini dilakukan secara spontanitas, karena kami melihat masih ada sebagian pedagang yang belum mengenakan masker. Padahal seperti yang kita ketahui, memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan pencegahan covid-19,” ungkap Suwarno didampingi Penasehat Re-Born Susilo, Sekretaris Rahmad Harahap, Wakil Bendahara Romulo Sinaga, Ketua Koordinator Abu Bakar Nasution dan Ketua Bobby Nasution for Medan (Bondan) Edi Dhamendra dan jajaran pengurus lainnya.

Ditambahkan Suwarno yang juga Ketua Umum DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B), jika pedagang disiplin menerapkan protokol kesehatan, maka itu bisa berdampak dengan ramainya pengunjung di pasar. “Pengunjung akan merasa aman, tidak cemas lagi, bila lingkungan pasar sudah disiplin terhadap protokol kesehatan. Jadi tadi kami juga melakukan sosialisasi kepada pedaganf untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Pada kegiatan itu pedagang mengeluhkan sejumlah persoalan. Mereka berharap Walikota Medan mendatang bisa membawa perubahan.

Rosmida br Situmorang misalnya. Ia berharap didirikan koperasi untuk pedagang di Pasar Pagi Cahaya. Sehingga pedagang tidak perlu lagi meminjam koperasi yang ada selama ini, tetapi dalam praktiknya sangat mencekik pedagang.

BACA JUGA  Nasdem Usung Dzulmi Eldin di Pilkada Medan

Keluhan lainnya yang berhasil dijaring tim adalah tentang penataan Pasar Pagi Cahaya. Para pedagang berharap bisa lebih ditata, sehingga memudahkan pembeli untuk belanja. (ts04)

Loading...
loading...