Tanah Karo Perlu Perbaikan, Bidang Pendidikan dan Pertanian Jadi Prioritas

1056

tobasatu.com, Kabanjahe | Tanah Karo membutuhkan perubahan dari banyak sisi. Pendekatan dari segi budaya patut dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan bakal calon (bacalon) Bupati Karo dari jalur perseorangan (independen), Cuaca Bangun, SE, AK, M.Si, SH, MH, CLA didampingi pasangannya balon calon Wakil Bupati Karo Indra Sembiring Maha, SH, saat ditemui  di Kabanjahe, Selasa (4/8/2020).

Menurut Cuaca dan Indra, berbicara tentang Karo berarti bicara tentang budaya (culture). Jadi pendekatan ke masyarakatnya juga harus pendekatan budaya.

Cuaca dan Indra, telah mempersiapkan program mulai dari bidang pendidikan, pertanian, air bersih, pelayanan rumah sakit dan rumah diaspora untuk kemajuan masyarakat Tanah Karo.

Mereka menilai, penekanan di bidang pendidikan dan pertanian salah satu hal yang cukup menjadi proritas. Karena menurutnya dunia pendidikan di Kabupaten Karo masih tertinggal. “Untuk itu perlu pemimpin yang tahu akan kebutuhan anak sekolah,” kata Cuaca.

Dalam hal pertanian, menurutnya perlu terobosan baru untuk permasalahan harga komoditi pertanian. Harus ada terebosan baru dengan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk tata niaga harga di Tanah Karo.

Ada istilah yang disampaikan Cuaca dan Indra untuk masyarakat Karo yaitu, “Bagi manok engkelengi anakna” (seperti induk ayam menyayangi anaknya). Maka Cuaca Bangun dan Indra Sembiring Maha akan menerapkan seperti istilah itu kepada masyarakat Tanah Karo. (ts04)

BACA JUGA  Peringati HUT ke-430 Kota Medan, Satu Hati Ajak Warga Berkolaborasi Jadikan Medan Berkah dan Sejahtera
Loading...
loading...