Yahdi Khoir Harahap, Layak dan Patut Kembali Pimpin DPW PAN Sumut

250
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Ir H Yahdi Khoir Harahap MBA, memberikan bantuan kepada masyarakat.

tobasatu.com, Medan | Sosok Ir H Yahdi Khoir Harahap MBA, yang dikenal sebagai salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) di Kabupaten Asahan, dinilai sebagai figur yang tepat untuk menjadi kandidat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatera Utara.

Sosok Yahdi Khoir adalah seorang pekerja keras, optimis, cerdas dan bertanggungjawab. Kelugasannya dalam beragumen terang apa adanya, menguasai masalah dengan pemikiran konstruktif dan solutif terhadap satu topik bahasan.

“Beliau sosok yang dekat dengan masyarakat, rajin berkomunikasi, dekat dengan tokoh masyarakat, dekat dengan tokoh Muhammadiyah dan aktif menghadiri kegiatan-kegiatan Muhammadiyah serta punya perhatian terhadap Muhammadiyah. Beliau adalah sebagai warga Muhammadiyah,”  tutur Wakil Sekretaris DPW PAN Sumut, Drs Abdul Kholik MSi kepada wartawan, Jumat (14/8/2020).

Menurut Dosen IAIDU Asahan ini, dengan kedekatannya kepada masyarakat dan para tokoh, mengantarkan beliau menjadi anggota DPRD Asahan pada Pemilu 1999. 

Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan periode 2000-2005, Yahdi terpilih menjadi Wakil Bupati Asahan. Pada pemilu 2004 beliau terpilih kembali menjadi anggota DPRD Asahan periode 2004-2009. 

Ketika terjadi pemekaran Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batubara, Yahdi terpilih menjadi anggota DPRD Batubara. 

Pada pemilu 2014 dia terpilih kembali menjadi anggota DPRD Batubara periode 2014-2019.

Menjadi Anggota DPRD Asahan pada Pemilu 1999 dan terpilih menjadi Wakil Ketua DPRD Asahàn. Ketika terjadi pemekaran Kabupaten Asahan menjadi Asahan dan Batu Bara, Yahdi menjadi Ketua Pansus-nya dan Yahdi kemudian ditetapkan menjadi Anggota DPRD Batubara.

“Ketika saya ikut masuk bersama beliau di pengurusan DPD PAN Asahan 2000-2005 di bawah kepemimpinannya kesan dan pandangan saya tentang profil beliau adalah sosok pekerja keras, optimis, cerdas dan bertanggungjawab,” ungkap Abdul Kholik. 

Pada kepemimpinannya di DPD PAN Asahan tiada hari tanpa konsultasi dan sosialisasi. Banyak sekali kegiatan/aktivitas yang dilakukan, hal sangat penting adalah kegiatan perkaderan. Mabita (Masa Bimbingan Anggota) ratusan kali dilaksanakan, giat melaksanakan Kader Amanat Dasar (KAD) dan pada masa kepemimpinan beliau mengirim 7 orang peserta mengikuti kegiatan KAM (Kader Amanat Madya) dan pelatihan instruktur di Medan yang diadakan DPW PAN Sumatera Utara. 

“Saudaraku Yahdi pada perkaderan KAM dan Instruktur di Medan merupakan salah satu peserta lulusan terbaik 10 besar. Dengan kepemimpinan beliau pada Pemilu 2004 berhasil meningkatkan perolehan kursi di DPRD Asahan,” ujar Abdul Kholik.

Berkat bimbingan dan arahan Yahdi, maka PAN Asahan pada  Pemilu 2014 mampu tampil sebagai salah satu barometer PAN di Sumatera Utara, dan pada Pemilu 2019 PAN Asahan masih tetap eksis. 

Mabita (Masa Bimbingan Anggota) rutin dilaksanakan di ranting-ranting hampir setiap minggu yang diikuti ratusan peserta pada setiap angkatan.

Pada masa kepemimpinan Yahdi di Asahan, mengirim 7 orang mengikuti KAM (Kader Amanat Madya) dan 1 orang KAU (Kader Amanat Utama). 

“Selain itu, Yahdi juga berhasil meningkatkan perolehan suara dan kursi di DPRD Asahan menjadi 6 kursi dan mendapat posisi wakil ketua DPRD,” ungkap Kholik, juga Penasihat KAHMI Asahan. 

Menurut dia, optimisme, sikap petarung, dan kerja keras merupakan sisi yang penting yang memelihara semangat perjuangan Saudaraku Yahdi. 

Semangat optimisme sebagai petarung yang tak pernah redup yang didukung dengan kualitas personal yang dimilikinya,  mampu mengantarkan Yahdil menjadi ketua DPW PAN Sumatera Utara hasil Musyawarah Wilayah Luar Biasa untuk melanjutkan periode 20015-2020. 

Pada pemilu 2019 dengan kerja keras, optimisme, kualitas dan kedekatan komunikasinya dengan masyarakat Yahdil berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Sumut periode 2019-2024. 

Pada kepemimpinannya di DPW PAN Sumut, telah berhasil meningkatkan perolehan kursi PAN di DPRD Sumut dari 6 kursi menjadi 8 kursi. 

Dengan sejumlah nilai positif yang dimiliki saudaraku Yahdi maka Kholik menilai Yahdi pantas dan patut didorong dan didukung untuk diberi kesempatan kembali memimpin DPW PAN Sumut untuk lebih membesarkan PAN di Sumatera Utara pada periode 2020-2025.

 “Sebagai kader dan fungsionaris DPW PAN Sumut, saya optimis Yahdi mampu mengemban amanah itu, dengan segala kinerja yang telah terbukti dan teruji selama ini,” kata Abdul Kholik. (ts-02)

BACA JUGA  Reposisi Kepengurusan DPW PAN Sumut Yahdi-Hendra Kedepankan Kepemimpinan Kolektif Kolegial
Loading...
loading...