Re-Born dan The Hindu Center of North Sumatra Berkolaborasi, Ini Harapan Masyarakat Hindu ke Bobby-Aulia

433

tobasatu.com, Medan | Untuk menyerap aspirasi masyarakat terkair persoalan di Medan, Relawan Bobby Nasution (Re-Born) berkolaborasi dengan The Hindu Center of North Sumatra. Kepada bakal calon Wakil Wali Kota Medan Aulia Rahcman, tokoh Hindu di Medan menggantungkan harapan mereka.

Bakal calon Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, bersilaturahmi dengan para pemuka agama Hindu dengan berkunjung ke Kuil Shri Sitthi Vinnayagar, di Medan Polonia, Sabtu (19/9/2020). Pada kesempatan ini, Aulia tampak didampingi oleh Ketua Umum Relawan Bobby Nasution (Re-Born) Suwarno beserta jajaran pengurus.

Begitu sampai, Aulia disambut dengan pengalungan kain sari khas India oleh Ketua The Hindu Center of North Sumatra M. Satya Mohan dan sejumlah pemuka Hindu lainnya. Aulia mengatakan penting untuk memupuk toleransi dan kolaborasi antarumat yang ada di Medan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya.

“Kota Medan adalah kota multietnik dengan beragam suku l, agama dan budaya yang dimiliki. Komunikasi dan kolaborasi antarumat harus tetap dijaga dengan baik keutuhannya,” ujar Aulia yang sebelumnya merupakan Ketua Komisi II DPRD Medan.

Kepada Aulia, Ketua The Hindu Center of North Sumatra, M. Satya Mohan, menyampaikan minimnya perhatian dari pemerintah kota Medan terhadap umat Hindu. Bahkan untuk areal pemakaman saja, kata Satya, sering dibantu oleh masyarakat muslim yang memberikan tanah wakaf kepada mereka.

“Selama ini kalau ada umat Hindu yang meninggal, masyarakat muslim yang memberikan tanahnya untuk pemakaman, bukan dari pemerintah,” sebut Satya.

Padahal, katanya, umat Hindu di Kota Medan sudah lama keberadaannya. Bahkan saat ini umat Hindu memiliki sebanyak 44 kuil untuk tempat beribadah.

Dia berharap agar pasangan Bobby-Aulia mampu untuk memberikan perhatian kepada masyarakat Hindu, terkhusus persoalan lahan pemakaman. Luas lahan paling tidak berukuran 50×50 meter. Kalau bisa, lokasi tak jauh dari tepi laut. Sebab hampir 70 persen masyarakat Hindu yang wafat akan dikremasi, selebihmya dimakamkan. “Kami hanya minta difasilitasi keberadaan makamnya. Kalau untuk membangunnya nanti biar kami yang bangun,” ujarnya.

Mendengar harapan tersebut, Aulia menuturkan apabila diberi kepercayaan untuk memimpin, nantinya berupaya menyediakan lahan mdi aset Pemko Medan di kawasan Medan bagian utara. “Kita komit harus perhatikan semua agama, agar jangan ada ketimpangan. Kita mau mengabdi, bukan sekadar mencari jabatan,” tandasnya. (ts04)

Loading...
loading...