Digelar Saat Pandemi, Family Gathering MKKS se-Kabupaten Asahan Dikritik

1719
Kegiatan family ghatering yang dilakukan oleh MKKS SMP se Kabupaten Asahan.

tobasatu.com, Asahan | Family Gathering yang digelar oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kabupaten Asahan di Hotel Patra Comfort Danau Toba beberapa waktu lalu menuai kritik dari berbagai kalangan.

Pasalnya, kegiatan family gathering itu dilakukan di tengah suasana Covid-19 yang belum mereda.

Beberapa kepala sekolah SMP yang identitasnya minta dirahasiakan tersebut membenarkan terkait kegiatan family gathering itu. 

“Seluruh kepala sekolah SMP (MKKS) se-Kabupaten Asahan saat ini tengah mengikuti kegiatan family gathering. Kegiatan tersebut dilaksanakan hanya satu hari adinda, dan kegiatan ini juga sudah mendapat izin dari Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Asahan,” terang beberapa kepala sekolah ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler. 

Sementara itu, Kepala bidang pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Asahan, Mursaid S. Pd menjelaskan, kegiatan family ghatering yang dilakukan oleh MKKS SMP se Kabupaten Asahan beserta keluarga tersebut sudah mendapatkan izin dari Kepala Dinas Pendidikan Asahan. 

“Kegiatan tersebut sudah mendapatkan izin dari Kadis bang, dan beliau (Kepala Dinas Pendidikan Asahan red) juga akan menghadirinya,” ungkapnya, Jumat (25/9/2020) saat ditemui di ruang kerjanya. 

Dirinya mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi penyegaran kepada setiap kepala sekolah. 

“Maklum, selama ini mereka kan sudah lelah dan jenuh di dalam menjalankan aktivitasnya, terlebih saat menghadapi masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, jadi untuk menyiasatinya, maka dibuatlah family ghatering tersebut,” terangnya. 

Dirinya mengakui terdapat kesalahan di dalam kegiatan family gathering tersebut. 

“Memang bang, terdapat kesalahan pada kegiatannya yaitu waktu pelaksanaan dilakukan pada saat masa pandemi seperti ini, tapi, mau gimana lagi, kepala dinas saja sudah mengizinkannya,” paparnya.

Terpisah, Nova Novikasanti selaku pemerhati Pendidikan di Kabupaten Asahan sangat  menyayangkan kegiatan family gathering yang diikuti oleh seluruh MKKS SMP se Kabupaten Asahan beserta keluarga pada saat masa pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini bukan hanya untuk mencari penyegaran semata, tapi, lebih kepada kesan moril yang dilakukan oleh mereka. Ini bukan cuman sekadar berbicara tentang aturan tentang COVID-19, seharusnya mereka saat ini mengerti dan memahami jika masyarakat di seluruh penjuru tanah air lagi di ambang dilematis dengan kondisi saat ini,” ungkapnya. 

Disamping itu, dirinya juga mempertanyakan terkait alasan kepala Dinas Pendidikan Asahan yang memberikan izin untuk kegiatan tersebut. 

“Dalam hal ini, apakah sang kepala Dinas Pendidikan Asahan itu tidak mengetahui atau pura-pura tidak tahu terkait kondisi saat ini. Seharusnya Kepala Dinas Pendidikan Asahan lebih memahami situasi, kondisi dan aturan saat ini, bukan malah mengabaikannya,” jelasnya dengan nada kesal. (ts-21)

Loading...
loading...