Swab Massal di Gedung DPRD Sumut Hanya Diikuti 10 Anggota Dewan

495
Seorang petugas medis tengah melakukan tes swab kepada salah seorang Anggota DPRD Sumut.

tobasatu.com, Medan | Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 menggelar tes swab massal di Gedung DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (29/9/2020).

Namun tes yang sedianya dilakukan terhadap 100 anggota DPRD Sumut itu hanya diikuti 10 anggota dewan saja.

Sisanya, tes swab hanya diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat DPRD Sumut, staf pendukung dan non ASN. 

Hingga pukul 12.00, tercatat hanya sekitar 10 orang dari 100 orang wakil rakyat itu yang bersedia menjalani tes tersebut.

“Sekitar 10 orang yang periksa swab, sisanya ada swab mandiri dan bersamaan waktu dengan kegiatan kunjungan kerja,” kata Kasubag Umum Sekretariat DPRD Sumut, Muda Sakti Lubis.

Menurutnya,  pihaknya sudah memberitahu melalui saluran telepon, surat dan lisan jadwal pemeriksaan swab, namun hingga siang hanya sejumlah dari mereka yang bersedia diperiksa.

Terlihat Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan anggota Ahmad Hadian ikut memeriksakan bersama puluhan staf dan tenaga honorer.

“Yang saya lihat, lebih banyak tenaga honor dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tes swab dari para anggota dewan,” ujar Muda.

Menyebut nama-nama dewan yang hadir, Muda tak melihatnya persis, namun berdasarkan catatan GTPP tercatat hanya 10 orang.

Salah seorang petugas dari tim Dinas Kesehatan menyesalkan minimnya para anggota dewan yang di-swab. “Padahal tujuannya untuk kepentingan dan kenyamanan mereka sendiri,” ujarnya.

Tes swab ini dilakukan berdasarkan surat surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, dengan nomor 414/GTCOVID-19/IX/2020 yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut tertanggal 26 September 2020. 

Ini dilakukan sehubungan dengan terpaparnya tiga anggota DPRD Sumut usai mengikuti rapat kerja (raker) yang digelar di Balige 16-19 September lalu.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Disebutkan, ketiganya berasal dari Fraksi PDIP, Demokrat dan NasDem. Namun Baskami tidak berkenan menyebut nama-nama mereka, kecuali seorang di antaranya Dimas Tri Adji yang kini sudah menjalani isolasi mandiri. 

Dimas Tri Aji kepada wartawan membantah dia terpapar sepulang dari raker di Balige. 

“Saya menjalani swab mandiri di salah satu rumah sakit dan hasilnya positif, bukan dari raker Balige,” ujarnya.  (ts-02)

BACA JUGA  1 ASN Meninggal, Sekretariat DPRD Medan Gelar Test Swab Massal
Loading...
loading...