Izin HGU Berakhir, Komisi D Jadwalkan Pemanggilan Terhadap GM PTPN 3 Distrik Asahan

1332
Ketua Komisi D DPRD Asahan, Irwansyah Siagian.

tobasatu.com, Asahan | Komisi D DPRD Asahan secepatnya akan memanggil General Manager (GM) PTPN 3 Distrik Asahan terkait berakhirnya izin HGU di sejumlah areal perkebunan nya yang sudah lama berakhir.

“Pemanggilan pihak manajemen PTPN3 Distrik Asahan itu hanya untuk mendapat penjelasan terkait persoalan adanya dugaan izin HGU yang sudah lima belas tahun berakhir di sejumlah lahannya, namun belum diperpanjang,” ungkap ketua Komisi D DPRD Asahan, Irwansyah Siagian, Rabu (4/11/2020).

Pada pemanggilan tersebut nantinya, lanjut Irwansyah, GM PTPN 3 Distrik Asahan diminta untuk menjelaskan terkait alasan belum diperpanjang nya HGU tersebut.

“Apa alasan pihak PTPN3 Distrik Asahan belum memperpanjang HGU, padahal HGU nya telah berakhir selama lima belas tahun. Apakah memang tidak diperpanjang, karena ada problem/ permasalahan yang lain, atau menyalahi aturan tentang tata ruang wilayah,” ketusnya dengan nada heran.

Terpisah, Kepala Seksi Penanganan masalah pada kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Asahan, Samudera mengatakan, pihak BPN saat ini tengah melakukan survey lapangan terhadap sejumlah areal perkebunan milik PTPN 3 Distrik Asahan.

“Saat ini, sejumlah HGU di beberapa areal perkebunan milik BUMN tersebut sudah berakhir. Saya tidak mengetahui secara pasti, apakah mereka sudah mengajukan perpanjangan izin HGU atau tidak,” terangnya.

Karena PTPN 3 merupakan bagian dari aset negara, lanjut Samudera, maka ada pertimbangan terkait HGU tersebut.

“Meski HGU PTPN 3 di beberapa wilayah Distrik Asahan telah berakhir, namun, karena PTPN 3 merupakan salah satu asset negara, jadinya ada perlakukan khusus,” tegasnya. (ts-21)

BACA JUGA  Akses Jalan Ditutup, Warga Mengadu ke DPRD Asahan
Loading...
loading...