Pemkab Asahan Ragukan Legalitas PT Sijabut

1876
Lokasi PT Sijabut.

tobasatu.com, Asahan | PT Sijabut yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang berada di beberapa wilayah Kabupaten Asahan terindikasi tidak memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP).

Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, A Rasyid menjelaskan, pihaknya meragukan izin PT Sijabut.

“Di tahun 2019 lalu, pihaknya pernah menyurati PT Sijabut terkait pelaksanaan kewajiban, namun, sama sekali tidak pernah mendapat jawaban. Oleh karena itu, perusahaan tersebut tidak memiliki legalitas yang jelas,” ujarnya, Rabu (4/11/2020).

A Rasyid mengungkapkan, untuk mengetahui kewajiban setiap perusahaan kelapa sawit dengan luas ratusan hektare terlaksana dengan baik, pihaknya wajib melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke perkebunan setiap enam bulan sekali.

“Hal itu dikarenakan program tersebut telah diatur dalam Permentan Nomor 98 tahun 2013 dan UU Nomor 39 tahun 2014,” ketusnya.

Persoalan PT Sijabut ini, lanjutnya, sebelumnya sudah pernah disampaikan dan dipaparkan kepada anggota Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara saat melakukan kunjungan kerja (Reses) beberapa waktu lalu di Kabupaten Asahan.

Senada, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kabupaten Asahan, H Darwin mengatakan, pihaknya sama sekali tidak pernah mengetahui izin PT Sijabut.

“Jika dari pihak Dinas Pertanian sudah menyebutkan PT Sijabut tidak memiliki legalitas yang jelas, berarti jawaban kami juga sama. Hal itu dikarenakan Dinas Pertanian Asahan merupakan salah satu instansi pemberi Izin Usaha Perkebunan (IUP). Jadi gampang untuk mengetahui apakah perkebunan itu memiliki IUP atau tidak,” ungkapnya.

Terpisah, manageman PT Sijabut tidak dapat dikonfirmasi terkait persoalan tersebut.

“Kalau mau konfirmasi, langsung saja ke kantor PT Sijabut yang berada di Medan,” ungkap Boby, salah seorang karyawan di PT Sijabut. (ts-21)

Loading...
loading...