KPK Periksa 5 ASN Terkait Dugaan Korupsi Bupati Labura

1645
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memerika 5 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dugaan korupsi yang menjerat Bupati Labura Khairuddin Syah Sitorus. Pemeriksaan berlangsung di aula Mapolres Asahan.

tobasatu.com, Asahan | Sebanyak lima orang ASN yang terdiri dari satu orang ASN dari Medan, dan empat ASN lainnya dari Labuhanbatu Utara (Labura) diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di aula Wira Satya Polres Asahan, Rabu (11/11/2020).

Berdasarkan pantauan, beberapa orang penyidik KPK tampak hadir di lokasi sembari memasuki ruangan tersebut.

Pelaksana Tugas Juru bicara (Plt Jubir) KPK, Ali Fikri membenarkan terkait adanya pemeriksaan tersebut.

“Iya benar, beberapa anggota kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah ASN. Pemeriksaan tersebut dilakukan guna meminta keterangan dari para saksi,” ujar Ali Fikri melalui aplikasi WhatsApp.

Pemeriksaan tersebut, lanjutnya, dilakukan di Aula Polres Asahan.

“Dalam hal ini, Kami hanya meminjam ruangan di Polres Asahan untuk melakukan pemeriksaan sejumlah para saksi,” ujarnya.

Dirinya memaparkan, ke lima ASN tersebut diperiksa dalam dugaan kasus tindak pidana korupsi pengurusan dana alokasi khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 Kabupaten Labura.

“Namun, status kelima ASN itu dipanggil sebagai saksi.Adapun nama ke lima orang saksi yang diperiksa di Polres Asahan yaitu, Sofyan, ST, selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Labuhanbatu Utara, M. Ikhsan, selaku mantan Kabag Umum dan Perlengkapan Pemkab Labuhanbatu Utara, Heri Wahyudi Marpaung, selaku Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Labuhanbatu Utara, Lahiri Amri Ghoniu Hasibuan, selaku PNS pada Pemerintah Kota Medan dan H Habibuddin Siregar selaku Sekretaris Daerah Pemkab Labuhanbatu Utara,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Labuhanbatu Utara, H Habibuddin Siregar mengakui,dirinya diperiksa oleh KPK hanya sebatas saksi.

“Memang benar, saat ini saya dipanggil oleh KPK untuk memberikan beberapa keterangan terkait persoalan tersebut. Pertanyaan yang diajukan oleh KPK tersebut tidak begitu banyak,” ungkapnya sebelum melaksanakan shalat ashar di mesjid yang berada di Mapolres Asahan. (ts-21)

BACA JUGA  Ketua PTUN Medan Jadi Justice Collaborator
Loading...
loading...