Ke Sumut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Borong Sepatu Bunut Asahan

2017
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke sentra sepatu Bunut, di Asahan.

tobasatu.com, Asahan | Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bertindak sebagai juru kampanye nasional dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tiba di Asahan, dalam rangka kampanye akbar pasangan Rosmansyah yang berpasangan dengan Winda Fitrika untuk Pilkada Asahan 2020.

Dalam kesempatan itu Ganjar didampingi Rosmansyah yang juga merupakan Ketua DPC PDIP Asahan, berkunjung ke sentra sepatu Bunut di Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Minggu (15/11/2020). 

Berdasarkan pantauan, di lokasi tersebut, ia membeli empat buah sepatu khas Bunut sekaligus yang berbentuk casual dan semi formal.

“Saya sangat bangga terhadap para pelaku usaha seperti ini, saya melihat, kualitas dari sepatu-sepatu yang diproduksi pengusaha lokal di Asahan sangat bagus,” ungkap Ganjar. 

Ganjar juga sempat berinteraksi dengan para pengrajin sepatu tersebut. Disitu, dirinya sangat terkejut karena melihat alat seadanya saja yang mengandalkan sebuah kompor tungku untuk melekatkan sol dan sepatu. 

“Setelah melihat dan mengamati secara langsung, produk sepatu dan sendal merk Bunut tersebut sesungguhnya dapat bersaing dengan pasar yang diluar sana bila mendapat sedikit sentuhan dari pihak pemerintah,” terangnya.

Sebenarnya,lanjut Ganjar, produksi sepatu dan sendal sangat bagus, cuma butuh sentuhan tambahan seperti tata cara mendesainnya serta proses peningkatan penjualannya.

“Dengan teknologi yang sederhana ini, pengrajin sepatu di Bunut sudah bisa melakukan produksi yang dianggap dapat bersaing. Hanya saja, perlu sedikit tambahan alat agar produksi bisa lebih efektif. Seharusnya, para pengrajin dibantu oleh pemerintah Kabupaten Asahan untuk mendapatkan alat press,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Ganjar mengakui membeli beberapa sepatu dikarenakan desainnya dari sepatu-sepatu di Bunut tampak menarik dan pengerjaannya juga rapi. 

“Sepatunya terlihat santai dan nyaman dipakai. Tadikan saya coba pakai, dan ternyata enak,” katanya. 

Sementara itu, ketua DPC PDIP Asahan, Rosmansyah, mengatakan bahwa dirinya sengaja mengajak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah ke tempat produksi sepatu untuk memperkenalkan produksi sepatu Bunut. 

“Kami sengaja mengajak Pak Ganjar kemari untuk mempromosikan produk sepatu khas Asahan di Bunut, dan beliau berjanji untuk mempromosikannya,” ujarnya. 

Hal itu, lanjut Rosmansyah, dilakukannya untuk meningkatkan produksi dan peningkatan ekonomi wilayah Kabupaten Asahan. 

“Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan sektor ekonomi di Asahan, dan juga semoga menjadi menambah motivasi untuk para pengrajin,” ujarnya. 

Sedangkan Sumantri, pemilik toko sepatu yang dikunjungi oleh Ganjar Pranowo, menyatakan terkejut dan sangat senang tokonya di kunjungi oleh salah seorang tokoh Nasional. 

“Pada hari ini, beliau membeli empat buah sepatu sepatu sekaligus, dua ciri khas Bunut dan dua lagi sepatu santai,” ujarnya. 

Ia berharap agar kepada pemerintah kedepannya lebih memperhatikan para pengrajin sepatu di Kabupaten Asahan, khususnya di wilayah Kelurahan Bunut. 

“Yang pasti lebih diperhatikan lagi lah bang,” pintanya. (ts-21)

Loading...
loading...