Diterpa Hujan Deras, Jembatan Sungai Merah Longsor, Jalur Pancurbatu-Kutalimbaru Putus

281
jembatan Sungai Belawan Desa Durin Jangak, Kecamatan Pancurbatu longsor. Akibatnya, jalur yang menghubungkan kawasan Kecamatan Pancurbatu dan Kecamatan Kutalimbaru pun terputus.

tobasatu.com, Pancurbatu | Curah hujan berkepanjangan selama beberapa hari ini berdampak terhadap sarana dan prasarana jalan di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang.

Pantauan wartawan di lapangan, Jumat (4/12/2020) siang, akibat diguyur hujan yang cukup deras selama berjam-jam, sisi jembatan Sungai Belawan Desa Durin Jangak, Kecamatan Pancurbatu longsor. Akibatnya, jalur yang menghubungkan kawasan Kecamatan Pancurbatu dan  Kecamatan Kutalimbaru pun terputus.

Bahkan, arus sungai juga sempat meluap hingga menutupi lantai jembatan Sungai Belawan tersebut. 

Warga sekitar yang ditemui di lapangan mengatakan, dampak dari curah hujan berkepanjangan yang terjadi pada Kamis (13/12/2020) mulai sore hingga malam hari, arus Sungai Belawan meluap hingga ke pemukiman warga. 

“Saking derasnya curah hujan, sisi jembatan Sungai Belawan Desa Durin Jangak, Kecamatan. Pancurbau longsor. Akibatnya, pengguna kendaraan baik yang datang dari arah Pancurbatu menuju arah Kutalimbaru maupun sebaliknya tak bisa melintasi jembatan tersebut, meskipun bagi pejalan kaki masih bisa melintas itupun harus ekstra hati-hati,” ungkap salah seorang pria bermarga Ginting.

Untuk itu, harapnya, pemerintah khususnya Pemkab Deli Serdang segera membenahi dan memperbaiki sisi jembatan Sungai Belawan yang longsor tersebut. Sehingga, jalur yang menghubungkan Kecamatan Pancurbatu dan Kecamatan Kutalimbaru bisa kembali normal. 

Kapolsek Pancurbatu AKP Dedy Dharma, SH ketika dikonfirmasi mengatakan, bencana alam akibat hujan deras Kamis kemarin terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan Sibolangit dan Kecamatan Pancurbatu.

“Bencana yang terjadi di kawasan Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, selain mengakibatkan longsor dan pohon tumbang, juga sampai merenggut korban jiwa manusia. Dimana, seorang sopir truk tewas akibat tertimpa pohon dan tanah longsor saat melintas di kawasan Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit persisnya dekat PDAM Tirtanadi Sibolangit. Sedangkan di kawasan Pancurbatu,  sisi jembatan Sungai Belawan Desa Durin Jangak longsor dan hingga saat ini belum bisa dilintasi pengguna kendaraan,” sebutnya.(ts-19)

Loading...
loading...