Darma Wijaya Akan Gratiskan Retribusi Masuk Tempat Wisata

101

tobasatu.com, Sergai | APBD sangat penting bagi daerah untuk mengembangkan pembangunan, termasuk di Serdang Bedagai. Melalui APBD pembangunan dan perbaikan layanan kepada masyarakat akan meningkat.

Namun untuk mewujudkan kedaulatan fiskal daerah, APBD bukanlah akhir dari tujuan Calon Bupati Serdang Bedagai nomor urut 1 Haji Darma Wijaya mengatakan bakal menggratiskan retribusi masuk ke tempat wisata di Serdang Bedagai jika dirinya diberi amanah menjadi Bupati bersama wakilnya Haji Adlin Umar Yusri Tambunan.

“Kita tahu salah satu pendapatan daerah berasal dari retribusi, salah satunya retribusi wisata, karena Serdang Bedagai dikenal dengan wisatanya, ada Pantai Cermin, Pantai Kelang dan pantai lainnya. Itu menjadi salah satu sumber pendapatan daerah ini,”ungkapnya saat debat ketiga Pemilihan Kepala Daerah Serdang Bedagai 2020 di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan, Sabtu (5/12/2020).

Apalagi saat ini banyak kabupaten kota yang masih sangat bergantung dengan dana transfer seperti Dana Alokasi Umum dan Khusus (DAU/DAK), salah satunya Serdang Bedagai. Namun permasalahan itu bukanlah menjadi alasan pembangunan tidak berjalan, karena masih banyak yang bisa diperbuat untuk mendapatkan PAD.

“Pemimpin kedepannya harus mampu mewujudkan kemandirian ekonomi lokal serta mengoptimalkan daya saing daerah, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terjamin,” jelasnya.

Namun untuk mendapatkan PAD, tidak melulu soal retribusi. Masih banyak langkah yang bisa dilakukan untuk hal itu. Salah satunya menerapkan PPN dari setiap makanan dan minuman yang dijual di tempat wisata.

“PPN 10 persen dari makanan dan minuman itu sesuai dengan aturan, dan itu harus kita tegakkan demi menambah PAD Kabupaten Serdang Bedagai,” pungkasnya.(ts-20)

BACA JUGA  Unggul di Sergai, Perolehan Suara Dambaan Capai 75 Persen
Loading...
loading...