Bijak Gunakan Medsos, Bumikan Pancasila dengan Pendekatan Atraktif

271

tobasatu.com, Medan | Prajurit Kodim 0201/BS diminta bijaksana dalam memanfaatkan media sosial (medsos). Selain itu agar membumikan ideologi Pancasila dengan melakukan pendekatan yang atraktif kepada masyarakat. Sehingga mampu memberikan pengaruh positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Inspektur Kodam I/Bukit Barisan (Irdam I/BB) Brigjen TNI Gamal Haryo Putro, S.I.P., M.Hum., M.S.S, ketika mengunjungi Makodim 0201/BS di Jalan Pengadian, Medan, Senin (11/1). Dandim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P beserta para Perwira staf dan para Danramil jajaran menyambut kedatangan Irdam I/BB.

Kunjungan kerja (kunker) Irdam merupakan kegiatan pendahuluan dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan akhir (post audit) terhadap program kerja Kodim 0201/BS Ta. 2020 yang telah dilaksanakan. Sekaligus memberikan arahan dan penekanan tentang pelaksanaan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Kodim 0201/BS pada tahun 2021.

Kegiatan diawali dengan paparan Dandim 0201/BS kepada Irdam I/BB tentang kondisi satuan saat ini, termasuk hal-hal menonjol di satuan dan jajaran.

Dandim sangat berharap arahan dan petunjuk dari Irdam I/BB, khususnya terkait dengan pengawasan dan pemeriksaan maupun tentang bagaimana seharusnya program dan anggaran Tahun 2021 dijalankan. “Sehingga kami dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik di masa yang akan datang,” jelas Dandim.

Sementara, Irdam I/BB dalam arahannya memotivasi personel Kodim 0201/BS untuk menguatkan ideologi Pancasila kepada masyarakat guna mengawal keutuhan dan kedaulatan bangsa.

“Tantangan Satkowil yang pertama dan paling menonjol adalah membumikan ideologi Pancasila dengan melakukan pendekatan yang atraktif kepada masyarakat,” jelas Irdam I/BB.

Hal lain yang tak kalah pentingnya untuk menjadi perhatian adalah tentang arif dan bijaksana dalam memanfaatkan media sosial (medsos) yakni dengan hal-hal positif dan bermanfaat kepada orang banyak.

“Melalui medsos, hal buruk dan baik itu secara cepat diketahui oleh masyarakat. Kalau kalian melakukan hal yang buruk, dengan segera ini akan mengurangi kepercayaan masyarakat kepada kita (TNI), tetapi untuk menyandang hal yang baik tidak mudah. Maka saya menyarankan di setiap Kodim harus ada semacam Satgas Penerangan,” pungkas Brigjen Gamal Haryo Putro.

Irdam I/BB melanjutkan agar para prajurit Kodim 0201/BS mewaspadai gejala dan kerawanan yang timbul di dalam kehidupan masyarakat yang berpotensi menjadi ancaman bagi kehidupan bangsa.

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, Brigjen Gamal Haryo Putro juga meninjau beberapa bangunan yang berada di Makodim 0201/BS Medan dan proses pembangunan kantor Persit, kantin dan koperasi yang sedang berjalan. (ts04)

Loading...
loading...