Nawal Edy Rahmayadi Apresiasi Pengadaan Wifi Gratis untuk Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

939
Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumatera Utara Nurlela, berfoto bersama relawan Tzu Chi, Ketua YP Putra Bangsa Berbudi beserta guru - guru dan unsur Muspida Deli Serdang, usai meresmikan wifi gratis DAAI Tv dan NUSANET di sekolah Putra Bangsa Berbudi Deli Tua Deli Serdang, Selasa (26/1/2021).

tobasatu.com, Medan | Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi pengadaan wifi gratis untuk memenuhi kebutuhan belajar anak-anak di masa pandemi Covid-19.

Wifi gratis tersebut merupakan bantuan dari DAAI TV bersama Nusanet, yang ditempatkan di sejumlah lokasi yang membutuhkan, di Kota Medan dan sekitarnya.

“Saya sangat mengapresiasi sekali DAAI TV dan Nusanet atas kerjasama selama ini. Karena di masa pandemik ini adalah masanya digitalisasi. Alangkah beruntungnya kita mempunyai perusahaan seperti DAAI TV dan Nusanet yang sudah begitu peduli pada rakyat Sumatra Utara,” ujar Nawal Edy Rahmayadi, saat menghadiri peresmian titik wifi gratis yang ke-8 di Sekolah Putra Bangsa Berbudi, Deliserdang.

Nawal yang hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deliserdang Yunita Anshari Tambunan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumatera Utara Nurlela, sudah beberapa kali ikut dalam peresmian titik wifi gratis DAAI TV ini.

Pada pemasangan wifi gratis di Sekolah Putra Bangsa Berbudi, Yayasan Budha Tzuchi turut terlibat memberikan fasilitas tower internet setinggi 30 meter, karena lokasi sekolah yang berada di lembah sehingga memiliki tangkapan sinyal yang rendah.

“Kita bersama Nusanet membangun tower ini, supaya sinyalnya bisa tertangkap baik,” kata Aini Lidjaya, relawan Yayasan Budha Tzuchi.

Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Berbudi Chairuddin Kuslan mengatakan saat ini ada lebih dari 700 siswa menempuh pendidikan dari tingkat TK hingga SMP di sekolah ini secara gratis. Lebih dari 10 persen murid tidak memiliki gawai  sebagai sarana belajar daring, karena kondisi ekonomi prasejahtera.

General Manager Nusanet Medan Sofian mengatakan Nusanet sangat senang bisa bermitra bersama DAAI TV dan Tzu Chi dalam memenuhi kebutuhan belajar anak-anak di masa pandemi ini. “Kalau misalnya ke depannya bisa kita kembangkan atau memperbanyak, ya bisa jadi,” kata Sofian.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumut : Pandemi Covid-19, 'Perang' Melawan Narkoba Jangan Kendur

Wifi Gratis di Pondok Pesantren Darul Qur’an

Selain di Sekolah Putra Bangsa Berbudi, DAAI TV bersama Nusa Net juga melakukan pemasangan jaringan internet gratis di Pondok Pesantren Darul Qur’an Sulthan Mohammad Husinsyah di Namorambe, Deli Serdang. Fasilitas internet gratis di pesantren ini ditujukan untuk guru agar mudah mengakses bahan materi dari internet untuk proses belajar mengajar dan berdakwah kepada murid-murid pesantren.

‘’Manfaat yang kita rasakan terutama adalah untuk memperlancar komunikasi kita pada wali – wali santri, kemudian juga untuk memperlancar kita mengakses informasi – informasi dan dakwah terutama yang kita akses dari media online,” ujar Tengku Azmi pimpinan Ponpes Darul Qur’an Sulthan Mohammad Husinsyah, dalam keterangannya yang diterima redaksi tobasatu.com, Kamis (28/1/2021).

Manager DAAI TV Tony Hokley mengatakan, saat ini ke-10 titik internet gratis DAAI TV dan Nusanet telah terpasang di sejumlah lokasi belajar di Kota Medan dan sekitarnya. Namun peresmian titik wifi ini masih akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan. “Mudah-mudahan semuanya sudah bisa diresmikan dalam waktu dekat,” kata Tony. (ts-02)