2 Minggu di Rumah Janda, Tentara Gadungan Ditangkap Babinsa Kodim 0201/BS

1717

tobasatu.com, Pancurbatu | Babinsa Koramil 0201-14/PB mengamankan seorang pria yang mengaku bertugas di Pomdam I/BB. Pria ini diamankan di rumah janda di Jalan Sejarah, Dusun 4, Desa Delitua, Kec Namorambe, Deliserdang.

Data diperoleh, Senin (5/4/2021) menerangkan, tentara gadungan tersebut bernama Mawardi (39),
warga Jalab Perjuangan II Medan, yang bekerja sebagai kuli bangunan.

Penangkapan berawal dari informasi bahwa ada seorang pria mengaku anggota TNI AD sering menginap di rumah Virhana br Sinuhaji (41), seorang janda yang bermukim di Jalan Sejarah, Dusun 4, Desa Delitua, Kec Namorambe.

Babinsa Koramil 0201-14/PB Serka Edison Aritonang yang mengetahui informasi tersebut coba mencari tahu kebenarannya dengan melakukan penyelidikan dan pemantauan langsung di sekitar rumah Virhana br Sinuhaji.

Setelah mengetahui identitas awal dari pria mengaku tentara tersebut, Serka Edison Aritonang coba mengkonfirmasi kepada Serda Pancoko, salah seorang anggota Pomdam I/BB yang dulu pernah berdinas sebagai Babinsa di Koramil 0201-14/PB.

Serda Pancoko mengaku Mawardi bukanlah organik dari Pomdam I/BB. Serka Edison selaku Babinsa yang memiliki wilayah binaan di Desa Delitua, Kec Namorambe, mulai merencanakan penangkapan terhadap Mawardi. Pengintaian dilakukannya di sekitar rumah Virhana sejak Sabtu (3/4/2021) pagi.

Kemudian Serka Edison Aritonang menghubungi rekannya Serma Suswanto dan salah seorang anggota Intel Denpom 1/5 Medan yakni Serka Irwanto, untuk merencanakan penangkapan terhadap pria Mawardi.

Setelah diintai, sekitar pukul 22.30 WIB, Serka Edison Aritonang bersama Serma Suswanto dan anggota Intel Denpom 1/5 Medan Serka Irwanto melihat Mawardi datang dan masuk ke rumah Virhana. Serka Edison Aritonang sebagai Babinsa Desa Delitua segera memanggil Kepala Dusun 4 Desa Delitua untuk langsung melakukan penangkapan terhadap Mawardi.

BACA JUGA  Jangan Kasih Kendor, Pembuatan Bronjong di Marelan Sudah Capai 28 Persen

Penangkapan terhadap Mawardi ini tanpa perlawanan. Serka Edison Aritonang dan Serka Irwanto dari Denpom 1/5 Medan melakukan Interogasi singkat.

“Tentara gadungan yang mengaku berdinas di Pomdam I/BB hampir 2 minggu ini menginap di rumah Virhana br Sinuhaji dan sudah tinggal seperti suami istri. Dia juga telah berjanji akan menikahi Virhana br Sinuhaji yang juga merupakan seorang janda,” terang Serka Edison.

Tentara gadungan yang diringkus Babinsa Kodim 0201/BS

Serka Edison Aritonang juga mengamankan sejumlah barang bukti dari rumah Virhana antara lain adalah sepasang baju PDL lengkap dengan atribut PM, baret dan emblem PM, 2 pasang sepatu PDL hitam, 1 pasang sepatu PDL putih, 1 kopel putih, 1 kopel hitam, tali kur dan tali selempang putih, 2 pistol mancis dan topi pet hitam berlogo PM.

Awal mula perkenalan Mawardi dengan Virhana melalui media sosial ketika dirinya masih bekerja di daerah Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam.

“Ternyata luli bangunan mengaku tentara tersebut juga sudah melakukan hal serupa di tempat lain. Oleh karena itu, dia sudah menjadi target operasi dan penangkapan oleh pihak Denpom 1/5 Medan,” tandas Serka Edison Aritonang. (ts04)

Loading...
loading...