Petani Sumsel Dapatkan Pelatihan Bantuan dari Karyawan XL Axiata

780
Ketua Majlis Ta’lim XL Axiata (MTXL), Nashrul Hendarsyah menyerahkan bibit tanaman kepada salah seorang peserta Smartfarm Academy di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Program yang ditujukan bagi para petani kecil ini memberikan pelatihan mengenai berbagai aspek yang bisa meningkatkan produktivitas peserta. Pelatihan mulai berlangsung pada Sabtu (3/4/2021).

tobasatu.com, Martapura | PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Ta’lim XL Axiata (MTXL) menggelar pelatihan Smartfarm Academy bagi petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Program yang ditujukan bagi para petani kecil ini memberikan pelatihan mengenai berbagai aspek yang bisa meningkatkan produktivitas peserta. Pelatihan mulai berlangsung pada Sabtu, (3/4/2021).

Ketua Majlis Ta’lim XL Axiata (MTXL), Nashrul Hendarsyah mengatakan, “Pembiayaan program Smartfarm Academy ini total sekitar Rp 285 juta yang berasal dari zakat karyawan dan management XL Axiata. Pelaksanaan program ini selama satu tahun karena kami juga memberikan pendampingan guna memastikan program ini berjalan secara efektif dan benar-benar sesuai sasaran. Termasuk dalam program ini, kami juga memberikan alat kerja seperti antara lain traktor tangan, pompa, dan sumur bor.

Menurut Nashrul, dalam program ini, materi pelatihan menggunakan materi dari Smartfarm Academy yang mencakup teori dan praktek, seperti budidaya sayuran dan buah, perkebunan pisang dan alpukat, juga tanaman pangan jagung dan padi. MTXL Axiata juga memberikan pelatihan mengenai cara panen, pengemasan, dan pemasaran. Selain itu MTXL  juga memberikan bantuan berupa traktor tangan, pompa, sumur pantek, serta bibit tanaman.

Total peserta sebanyak 25 orang petani yang masuk dalam kategori penerima zakat. Mereka terbagi dalam dua grup. Sebanyak 10 peserta menggarap tanah di Desa Ruos, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan. Sebanyak 15 peserta lainnya menggarap tanah di Desa Dadi Rejo, Kecamatan Belitang III, Kabupaten OKU Timur. Masing-masing grup dibagi lagi menjadi kelompok lebih kecil yang terdiri dari lima orang petani. Setiap kelompok akan mendapatkan lahan pengembangan seluas 5000 meter persegi.

Lahan yang digarap para petani tersebut milik pribadi. Sementara itu para pelatih merupakan para ahli pertanian dari penyuluh pertanian dari BPP Nusa Bakti Kecamatan Belitang III  yang sudah biasa memberikan pelatihan sejenis di berbagai daerah.

Untuk melaksanakan program pelatihan ini, MTXL Axiata berkolaborasi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bersama-sama menjalankan program Smartfarm Academy, serta mendukung Pondok Pesantren Nurul Kholic agar santrinya mempunyai keahlian bertani.

“Walaupun di masa pandemi, XL Axiata terus sebar kebaikan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, termasuk program meningkatkan pemberdayaan petani. Kami berharap, seusai mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat memberikan ilmunya kepada masyarakat petani di sekelilingnya,” kata Nashrul.

Sebelumnya, MTXL Axiata sudah melakukan program penyaluran dana zakat berupa Lapak Berkah di area Jabodetabek dan Kampung Ternak Ayam Petelur di Lamongan, Jawa Timur pada bulan Maret 2021. (ts-02)

BACA JUGA  Fitur Baru Aplikasi Laut Nusantara Mampu Deteksi Keberadaan Ikan Bernilai Ekonomi Tinggi
Loading...
loading...