Viral di Medsos, Bupati Instruksikan untuk Jemput Penderita Tumor

1198

tobasatu.com, Sergai | Rumah Ramlah (58) di Dusun IV, Desa Dolok Manampang, Kec Dolok Masihul, Sergai Selasa (20/4) malam mendadak ramai di kunjungi pesepeda motor dan mobil ambulan.

Diketahui ambulan diinstruksikan Bupati Sergai H. Darma Wijaya untuk membawa Subrawan alias Iwan (39), adik kandung Ramlah yang sempat viral di media sosial. Iwan viral di salah satu grup Facebook black market karena sakit dan tidak memiliki biaya untuk berobat maupun untuk mengurus BPJS.

Setelah dijemput, Iwan kini telah mendapat perawatan di RS Sultan Sulaiman Sergai dan berada di ruang Melur Bedah. Keluarga dari Iwan mengucapkan terima kasih atas perhatian tersebut.

Kondisi tubuh Iwan yang kurus dan sengaja diunggah oleh anaknya Rizky Amanda (17) dengan tujuan mengharapkan bantuan para dermawan. Rizky hanya ingin kesembuhan ayahnya. Sehari diposting, ternyata langsung mendapat respon dari Bupati Sergai H. Darma Wijaya hingga memerintahkannya untuk segera dirawat.

“Saya sangat sayang sekali dengan ayah saya. Tidak ada maksud lain, hanya berharap mendapat bantuan mengingat ayah saya tidak memiliki biaya dan saya tidak tahu lagi mau mengadu kepada siapa,” ucap Rizky Amanda Sedih.

Ramlah mengatakan adiknya Iwan sudah empat bulan sakit. Awalnya Iwan mengeluh demam dan berlanjut terjadi pembengkakan di leher serta tangan dan punggung. Sebelumnya Iwan bekerja bangunan di Padang, Sumatera Barat.

Iwan sempat dibawa berobat ke puskesmas, tetapi belum sembuh dan disarankan untuk segera mengurus BPJS. Namun kondisi tidak paham mengurus BPJS membuat Iwan hanya dirawat seadaanya di rumah Ramlah.

Iwan, lanjut Ramlah, sudah berpisah dengan istrinya sejak kedua anaknya masih kecil. Iwan kembali ke rumah Ramlah dan bekerja di Padang, sedangkan kedua anaknya ikut tinggal bersama ibunya.

BACA JUGA  Menjawab Tantangan Sektor Pariwisata di Sergai Lewat Gerakan “BISA”

Tepat bulan Desember 2020, Iwan pulang dari Padang ke rumah Ramlah. Iwan sempat bekerja sebagai buruh di pengelolaan tahu dan berencana akan kembali lagi ke Padang untuk bekerja sebagai kuli bangunan. Namun nahas, penyakit tumor menggerogoti tubuhnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian semua ini. Saya tidak tahu malam itu rumah saya banyak yang datang dan membawa Iwan ke rumah sakit, dan semua biaya juga sudah diurus,” papar Ramlah.

Direktur RS Sultan Sulaiman Sergai dr. Nanda Hasrymi mengatakan pasien atas nama Subrawan alias Iwan masuk ke RS. Sultan Sulaiman sekitar pukul 23:20 WIB dan kini sudah mendapat perawatan medis. Dari diagnosa sementara Iwan menderita Tumor Colli ditambah Limfe Adema. “Begitu pun masih menunggu hasil laboratorium,” tandasnya. (ts23)