Libur Idul Fitri, Objek Wisata Holbung dan Bukit Sibea-bea Jadi Target Wisatawan

1572
Wisatawan berkunjung ke objek wisata Huta Holbung di Kabupaten Samosir.

tobasatu.com, Huta Holbung | Ratusan masyarakat Sumatera Utara, khususnya warga Medan memanfaatkan liburan Hari Raya Idul Fitri 1424 H dengan mengunjungi sejumlah objek wisata di kawasan Kabupaten Samosir, Minggu (16/5/2021). 

Nama Pulau Samosir sudah tidak asing lagi di dunia pariwisata. Pulau yang berada persis  di tengah danau Toba ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika pulau ini belakangan sangat populer dan menjadi sasaran destinasi para wisatawan lokal maupun wisatawan nusantara. 

Objek wisata bernuansa perbukitan hijau ini berada di Huta Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi Bukit Holbung, terdapat dua rute yang kerap digunakan oleh pengunjung. Rute pertama dari Kota Medan menuju Tele dan rute kedua dari Kota Medan menuju Siantar, Parapat dan berakhir di Samosir.

Kawasan populer yang paling banyak dikunjungi saat liburan lebaran kemarin diantaranya Bukit Sibea-bea Harianboho, Huta Holbung, air terjun Efrata, serta sejumlah objek wisata lainnya di kawasan berhampiran.

Semua Objek wisata itu memang tiga tahun belakangan ini sangat populer, terutama bagi kalangan remaja dan kaum Milenial petualang yang menyenangi traveling bernuansa memacu adrenalin, terutama saat berkendara baik roda dua, maupun roda empat ketika menuju objek wisata  tersebut. 

Betapa tidak jalan yang cuma bisa dilintasi dua mobil itu dikiri kanannya dibatasi jurang curam yang di bawahnya terdapat air Danau Toba. 

Selain banyak dikunjungi kaum milenial untuk kegiatan camping, umumnya banyak wisatawan mengunjungi kawasan wisata  Bukit Sibea-bea Harianboho dan Huta Holbung untuk berfoto-ria 

Di bukit Sibea-bea yang memiliki view eksotis dengan latar belakang pemandangan Danau Toba dan perbukitan hijau holbung yang khas. Apalagi di sini terdapat patung Jesus dan sedang dibangun Salib Raksasa sehingga menambah pemandangan bernuansa religi bagi umat kristiani.

Bukit Holbung merupakan tempat wisata alam yang berlokasi di Huta Holbung, Samosir. Bukit ini belakangan dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam sisi lain kawasan Danau Toba. Tak hanya itu, banyak wisatawan yang memanfaatkan kawasan bukit ini untuk berkemah. 

Di holbung terdapat 9 perbukitan yang eksotis untuk tempat berfoto dan selfie. Namun untuk mencapai kawasan eksotis itu wisatawan harus mendaki perbukitan itu cukup tinggi dan melelahkan sehingga perlu usaha ekstra mencapai puncak Holbung itu. 

Huta Holbung sebagaimana diinformasikan dari berbagai pihak, merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Samosir. Desa Holbung ini dikenal memiliki suasana yang cukup tenang dan nyaman. Jumlah penduduknya juga belum terlalu banyak yakni sekitar 500 penduduk. Banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas penat dan lokasi yang paling banyak digemari adalah area perbukitan hijau ini.

Umumnya wisatawan yang datang bersama keluarga dengan membawa kendaraan roda dua dan roda empat pribadi, sehingga keramaian yang terpantau cukup padat. Para pengunjung yang semula was was bakal diperintahkan balik sehubungan adanya kebijakan Prokes bagi pemudik saat menuju Berastagi terutama ketika melintasi di kawasan Sibolangit, ternyata tidak dihentikan petugas gabungan kepolisian dan dinas perhubungan. 

Demikian juga saat pengunjung berada di Menara Pandang Tele, aparat cuma mengingatkan agar saat mengunjungi objek wisata tetap memakai masker dan menjaga Prokes sehingga masing masing pribadi pengunjung  terhindar dan tetap menjaga bahaya dari pandemi Covid-19. Selain itu petugas di sana juga meminta pengunjung agar kembali dari kawasan sama, karena untuk mengantisipasi gelombag mudik yang ingin mengunjungi kampung halamannya di kawasan Siantar sekitarnya. (ts-02/Rel)

Loading...
loading...