Pengenalan Media Belajar Online Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak-anak di Kampung Sejahtera Medan

684
Difasilitasi XL Axiata, anak-anak di Kampung Sejahtera mendapatkan pembekalan pengenalan media belajar online untuk meningkatkan mutu pendidikan, Minggu (13/6/2021).

tobasatu.com, Medan | Kehadiran para pengajar yang peduli akan pendidikan anak-anak sangat diharapkan warga Kampung Sejahtera Medan. 

Bersama beberapa para Dosen yang aktif mengajar di Kampus UMSU, kini anak-anak tersebut dibekali pengenalan media belajar online untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di Kampung Sejahtera Medan, Minggu (13/6/2021). 

Hadir sebagai pemateri yang juga sebagai Dosen UMSU, Dr. Muhammad Said Harahap, S.Sos., M.I.Kom , Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom, Fadhil Pahlevi Hidayat, S.I.Kom, M.I.Kom, Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom dan kegiatan ini mendapat dukungan dari Perkumpulan Pemuda Peduli Kampung Sejahtera (PPKS), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan XL Axiata,  yang menyediakan layanan akses internet untuk proses belajar online.

Dr. Muhammad Said Harahap, S.Sos., M.I.Kom mengatakan,”Kami sebagai pengajar tergerak untuk memberikan ilmu kepada anak-anak sesuai dengan keahlian masing-masing pemateri, sehingga anak-anak semakin paham menggunakan media belajar online dan mengarahkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Ilmu yang diberikan pemateri nantinya bisa digunakan untuk belajar meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di Kampung Sejahtera. Kami bekerja sama dengan XL Axiata sebagai penyedia layanan internet, agar tidak membebani anak-anak  yang memiliki kemauan kuat untuk belajar tetapi terkendala dengan kuota internet.”

Said menambahkan beberapa program telah mereka jalankan di Kampung Sejahtera bekerjasama dengan PPKS, PFI Medan, UMSU dan XL Axiata.

“Melihat antusias anak-anak mau belajar dan perubahan jadi lebih baik, membuat kami juga semakin semangat untuk terus membantu Kampung Sejahtera menjadi lebih sejahtera. Dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengawasi dan membimbing anak-anak mau belajar. Setelah kegiatan ini, rencananya akan kita buat beberapa program seperti Pojok Belajar, Pustaka Belajar, dan lain-lain, sehingga anak-anak bisa memanfaatkannya untuk belajar dan produktif,” sebut Said.

BACA JUGA  Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation

Peserta yang ikut dalam kegiatan pengenalan media belajar online ada sekitar 25 anak, terdiri dari 18 laki-laki dan 7 perempuan yang rata-rata duduk dibangku SD dan SMP. Seperti Muhammad Fahri, pelajar kelas 6 SD yang senang mengikuti acara ini karena mendapatkan pembelajaran dari pemateri yang telah berpengalaman. Kesempatan ini tentu tidak semua anak bisa mengikuti.

Regional Corporate Communication XL Axiata West Region, Aldi Desmet mengatakan, “Jaringan XL Axiata di seputar Kampung Sejahtera ini sangat bagus dan kuat,  sehingga Router XL yang diberikan bisa lebih bermanfaat dan mudah diakses oleh anak-anak Kampung Sejahtera secara bersamaan sekaligus hingga 32 perangkat baik smartphone maupun laptop. XL Axiata juga membekali setiap router dengan paket data 20GB yang akan diisi setiap bulan selama setahun.”

Sementara itu, Aminurrasid yang akrab dipanggil Rasyid, Ketua PPKS mengucapkan terima kasih kepada para Dosen UMSU dan XL Axiata yang peduli dengan dunia pendidikan dan telah meluangkan waktu dan membagi ilmu untuk anak-anak di Kampung Sejahtera.

“Sebagai pemuda setempat saya mengapresiasi program belajar yang telah dilakukan. Harapan kami UMSU dan XL Axiata melakukan program ini terus berkelanjutan sehingga dapat membantu kemajuan dan mutu pendidikan anak-anak Kampung Sejahtera. Kami akan terus mengawasi anak-anak ini agar benar-benar memanfaatkan ilmu yang telah diajarkan para pemateri dan juga mengawasi penggunaan Internet dari XL Axiata untuk digunakan proses pembelajaran bukan untuk bermain,” ujarnya. (ts-02)