Kepala BNPB Tinjau Pembangunan ICU di RS Pirngadi untuk Penanganan Pasien Covid-19

2445

tobasatu.com, Medan | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito bersama Walikota Medan, Bobby Nasution, mengunjungi sekaligus meninjau pembangunan ruang ICU di RSUD dr Pirngadi untuk penanganan pasien Covid-19 di Kota Medan, Jumat (6/8/2021) sore.

Dalam kesempatannya, Kepala BNPB yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 ini menjelaskan, ruangan ICU ini akan dibangun untuk 20 kamar pasien Covid-19.

“Sesuai laporan Pak Wali, rumah sakit ini juga sudah mengkonversi hampir 70 persen tempat tidurnya khusus untuk penanganan Covid-19. Memang inilah yang harus kita jalani, pengelolaannya di hulu yang harus bagus, supaya di hilirnya tidak tertekan,” ujar Ganip.

Dalam tidak terlalu lama, Ganip berharap, pembangunan ruangan ICU Covid-19 ini akan siap dan dapat dipergunakan untuk pasien dengan kategori berat sampai sedang.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, dr Suryadi Panjaitan menyampaikan, pembangunan ICU Covid-19 ini terdiri dari 20 ruangan, terdiri dari 14 ruangan digunakan untuk dewasa dan 6 ruangan untuk anak.

“Kepala BNPB Pusat dan Walikota puas dengan progres pembangunannya dan dalam waktu dekat akan kita pakai gedung itu, karena kebutuhan ruang ICU yang cukup tinggi untuk saat ini,” tandasnya.

Untuk itu, Suryadi berharap, ruang ICU ini dapat digunakan sebelum 12 Agutus 2021.

“Dan nanti pas ulang tahun Pirngadi yang ke 93, akan ada penandatangan prasasti yang dilakukan Pak Wali,” jelasnya.

Untuk alkes di ICU Covid-19 ini, selain menggunakan alkes yang sudah ada, nantinya akan ada bantuan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI.

“Kita berharap, dari PNPB Pusat akan membantu untuk pengadaan, misalnya ventilator, monitor,” jawabnya.

Sebagai pimpinan di rumah sakit, Suryadi mengaku, siap bekerja dengan baik sebagaimana pesan dari Walikota Medan dalam memberikan pelayanan kepada pasien khususnya Covid 19.

BACA JUGA  TNI Bantu Pemulihan Pascabencana Topan Winston di Fiji

“Pesan Pak Wali, bekerjalah dengan baik, bertanggung jawab dan profesional,” tutupnya. (ts20)

Loading...
loading...